Wali Kota Payakumbuh Minta BLT Langsung Diberikan Rp900 Ribu per KK

BLT Payakumbuh

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (Foto: Pemko Payakumbuh/payakumbuhkota.go.id)

Langgam.id - Wali Kota Riza Falepi meminta agar bantuan langsung tunai (BLT) untuk warga terdampak Covid-19 di Payakumbuh langsung diberikan Rp900 ribu per kepala keluarga.

Wali Kota Riza Falepi memerintahkan jajaran dinas sosial untuk membagikannya tanpa melalui tahapan 1, 2, dan 3 lagi. Artinya setiap penerima dibayarkan tidak Rp300 ribu untuk perbulan. Namun, dibayarkan 3 bulan sekaligus.

Situs resmi Pemko Payakumbuh pada Senin (22///6/2020) merilis, bantuan dari APBD Kota Payakumbuh itu telah dimulai pada 16 Juni 2020 lalu. Untuk Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kecamatan Latina, serta di 5 Kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Barat baru dibagikan sebesar Rp300 ribu per KK.

Namun, mulai pekan ini, wali kota meminta untuk dibagikan langsung. “Pokoknya pekan besok seluruh Bansos ini sudah diterima oleh masyarakat kita. Bisa sekaligus seluruhnya dibagikan untuk 3 bulan. Tidak menunggu waktu lama, sehingga warga kita bisa memanfaatkan untuk kebutuhan sekolah anak di tahun ajaran baru,” kata Riza, Jumat (19/6/2020).

Plt. Dinas Sosial Kota Payakumbuh Yunida Fatwa mengatakan, pencairan bansos untuk 3 bulan, Rp900 ribu sekaligus, telah dimulai di Kecamatan Payakumbuh Timur pada Jumat.

“Sebanyak 777 KK di 5 kelurahan di Kecamatan Payakumbuh Timur sudah menerima langsung sebanyak Rp900 ribu per KK di kantor camat setempat,” ujarnya.

Baca juga : Sebaran 707 Kasus Covid-19 dan 503 Sembuh di Sumbar, Terbaru Didominasi Luar Padang

Untuk yang sudah diberi Rp300 ribu, menurut Yunida, sisanya akan dibayarkan oleh Pemko selambat-lambatnya pekan ini. "Karena pembagian Bansos ini ada jadwalnya, maka akan kita koordinasikan dan informasikan kepada lurah dan camat,” ujarnya.

Jumlah penerima bantuan untuk Kota Payakumbuh sebanyak 7.059 orang. Di samping itu, bagi masyarakat yang memang patut dibantu tetapi ada permasalahan dalam dokumen kependudukannya, diberikan peluang untuk memperbaiki. Akan dijadwalkan kembali untuk penyaluran bantuan dimaksud.

“Agar warga yang patut dibantu itu dapat masuk ke data, kita juga sudah minta lurah segera melakukan percepatan urusan administrasi kependudukannya,” ujar Yunida. (*/SS)

Baca Juga

Team Miminku dan Rudi Maulana
Agensi Digital Marketing Miminku.id Pertama di Sumatera, Inovasi Pemberdayaan Perempuan Asal Payakumbuh
Kepala Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Joben mengatakan, pada Idul Adha 1444 H ini, ada total 1.564 ekor hewan kurban yang akan disembelih
Pemko Payakumbuh Gelar Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota
Ketua DPRD Sumbar Supardi mengajak masyarakat untuk menghindari berbagai jenis sogokan dalam pemilihan calon kepala daerah. Menurutnya Kota
Ketua DPRD Sumbar Ajak Warga Payakumbuh Bijak dalam Menentukan Sikap dalam Pilkada
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Belatung Menggeliat pada Tumpukan Sampah di Padang Kaduduk Payakumbuh
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh