Wako Pariaman Target 10 Anak di Poltekpel Sumbar Setiap Tahun

Wako Pariaman Target 10 Anak di Poltekpel Sumbar Setiap Tahun

Sosialisasi pengenalan kampus dan program studi perguruan tinggi Kementerian Perhubungan yang digelar Poltekpel Sumbar. [Foto: MC Kota Pariaman]

Langgam.id - Wali Kota Pariaman Genius Umar menargetkan sepuluh orang anak Kota Pariaman dikuliahkan di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumbar melalui program Pola Pembibitan (Polbit).

Pemerintah Kota Pariaman akan membuat kerjasama untuk sekolah kedinasan ini dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan. Program ini akan mendukung program unggulan Pemko Pariaman bidang pendidikan, Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja).

"Kerjasama ini bisa memberikan prioritas kepada putra putri Kota Pariaman yang berasal dari keluarga kurang mampu, supaya bisa kuliah di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat melalui program Polbit minimal untuk 10 orang anak setiap tahunnya.

Genius Umar mengatakan, walau sebelumnya Pemko Pariaman telah bekerjasama, dan anak Kota Pariaman sudah ada yang kuliah di Poltekpel Sumbar dari program non Polbit yang dibiayai oleh Pemko Pariaman.

"Saya ingin nantinya anak-anak yang kita kirim ke Poltekpel Sumbar ini bisa menjadi anak-anak yang produktif, tidak menganggur, bisa menjadi perwira pelayaran yang terampil dan bisa terjun langsung di dunia kerja," kata Genius.

Genius berharap, melalui program Sagasaja ini anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu bisa membawa keluarga mereka keluar dari lingkaran kemiskinan, karena program ini memadukan antara program pendidikan dengan program pengurangan kemiskinan di Kota Pariaman.

Direktur Poltekpel Sumbar Capt. Wisnu Risianto yang hadir dalam acara “Sosialisasi Pengenalan Kampus dan Program Studi Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan”. Sosialisasi digelar oleh Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat, untuk siswa kelas XII SMA/SMK/MA sederajat yang ada di Kota Pariaman, Rabu (18/1/2022) mengatakan, sosialisasi bertujuan untuk memberikan gambaran sekaligus motivasi buat seluruh siswa/i Kota Pariaman untuk bisa mengenyam pendidikan di kampus vokasi pelayaran Poltekpel Sumbar.

Wisnu menjelaskan, Poltekpel Sumbar adalah perguruan tinggi negeri di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, yang mendidik dan melatih putra putri terbaik Indonesia untuk menjadi pelaut dan tenaga kerja industri maritim yang memiliki kompetensi, karakter, berwawasan teknologi, modern, dan berdaya saing global.

Baca Juga: Puluhan Atlet 3 Provinsi Ikuti Body Contest di Pariaman

Selain itu, Poltekpel Sumbar juga telah mengembangkan pendidikan sesuai Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW) 2010 dari IMO sehingga berkembang menjadi salah satu instansi pendidikan pelayaran terbesar di Indonesia.

Tag:

Baca Juga

65 Anggota DPRD Sumbar berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan yang masih tersisa hingga akhir masa jabatan periode 2019-2024 berakhir.
65 Anggota DPRD Sumbar Komitmen Selesaikan Pekerjaan Tersisa hingga Akhir Masa Jabatan
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Eks Personil JKT48 Elaine Hartanto Meriahkan Festival Budaya Jepang Bunkasai XXI di UBH
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
Gubernur Mahyeldi Libatkan Semua Pihak Tangani Bencana Sumbar
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
HKI Kebut Perbaikan Jalan Lembah Anai, Target Rampung Akhir Juli 2024
Hebatnya kampus itu ditandai dengan mahasiswanya berprestasi. Dosen dan pimpinan yang hebat, karena mahasiswanya berprestasi.
UIN IB Padang Ciptakan Mahasiswa Berprestasi Lewat Pelatihan Student Literacy Camp 2024
Jalan Pasar Lubuk Buaya Sudah Mulus, Pj Wako: Mari Kita Rawat Bersama
Jalan Pasar Lubuk Buaya Sudah Mulus, Pj Wako: Mari Kita Rawat Bersama