Langgam.id - Wali Kota Padang Hendri Septa mengungkapkan bahwa Padang memiliki tiga potensi utama pengembangan ekonomi kreatif.
Ia berharap, dengan adanya tiga potensi utama tersebut, akan tercipta pusat pemasaran produk ekonomi kreatif. Meliputi market survei, branding, dan identifikasi pasar/target market.
"Kemudian, diharapkan tercipta kerja sama dengan lembaga pendidikan perguruan tinggi untuk revitalisasi sentra dan kampung tematik," ujar Hendri dilansir dari infopublik, Selasa (14/12/2021).
Hendri menharapkan juga, terciptanya fasilitasi startup unggulan Kota Padang, kolaborasi inkubator-akselerator dan program OPD terkait di youth center.
"Dan pengembangan jejaring pembiayaan atau investor untuk pendanaan startup/pelaku usaha," bebernya.
Tiga potensi utama untuk pengembangkan sebagai kota kreatif tersebut terang Hendri yaitu Padang memiliki puluhan komunitas pelaku usaha.
Serta, memiliki penduduk usia produktif sekitar 70 persen dari total penduduk Kota Padang.
Kedua kata Hendri, Padang memiliki puluhan lembaga pendidikan dan pelatihan. Yaitu, dengan 60 perguruan tinggi, 38 SMK, puluhan lembaga pelatihan dan balai latihan kerja.
Baca juga: Satpol PP Padang akan Perketat Pengawasan Ketertiban Masyarakat di Momen Nataru
Selanjutnya yang ketiga ungkap Hendri, Padang memiliki keragaman budaya dan etnis yang hidup rukun. Yaitu, Minang, Tionghoa, India, Arab, Batak, Nias dan Jawa.
"Serta memiliki 160 hotel, 37 objek wisata bahari, 71 wisata sejarah, 1 wisata budaya, 9 wisata kuliner dan memiliki puluhan kelompok seni dan budaya," tutur Hendri.