Wabup Limapuluh Kota Minta Seluruh Nagari Lokal Lockdown untuk Antisipasi Covid-19

Buka Paksa Peti Jenazah Pasien Positif Covid-19

Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan (Foto: FB Ferizal Ridwan)

Langgam.id - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan meminta masing-masing nagari di daerah itu untuk menetapkan lokal lockdown sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19). Permintaan itu mengingat bahwa daerah Limapuluh Kota merupakan wilayah perbatasan.

Menurut Ferizal, saat ini beberapa nagari telah menerapkan lokal lockdown. Karena Limapuluh Kota berbatasan langsung dengan Provinsi Riau, untuk itu, katanya, perlu semua nagari segera menetapkan lokal lockdown.

"Kami usulkan lokal lockdown setiap nagari, terutama di nagari memiliki pintu masuk hanya satu atau dua. Nanti ada petugas piket dan posko di pintu masuk," ujarnya saat dihubungi Langgam.id, Sabtu (28/3/2020) malam.

Dijelaskan Ferizal, dengan penerapan hal tersebut, maka dapat terpantau dan tercatat masyarakat yang masuk di setiap nagari. Tentunya ini merupakan upaya pengamanan dan antisipasi penyebaran Covid-19.

"Kami minta masyarakat secara mandiri di tingkat nagari itu. Terutama ada beberapa nagari secara geografis memungkinkan. Jadi, setiap nagari membuat posko, dan memanfaatkan petugas kesehatan di setiap nagari serta Babinkamtibmas, Babinsa dan pemuda setempat," ucapnya.

Lalu, terkait pembentukan Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 akan diupayakan sampai ke tingkat nagari, bahkan jorong. "Ini harusnya berbasis hingga ke nagari dan jorong," tegasnya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Muhammad Nasir
Antara Yang Sekarang dan Yang akan Datang (Catatan Diskusi Zelfeni Wimra dan Fajar R. Vesky)
M. FAJAR RILLAH VESKY
"Kerbau Punya Susu, Sapi Punya Nama"(Jawaban Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?)
Mencermati analisis Statistik Pendidikan Indonesia yang diluncurkan Badan Pusat Statistik pada 2023 lalu, terutama jenjang perguruan tinggi.
Mengapa Kabupaten Limapuluh Kota Tidak Memiliki Perguruan Tinggi?
Polisi Masih Buru Pelaku Curas di Padang Panjang yang Sebabkan Seorang Nenek Meninggal
Pedagang Emas di Limapuluh Kota Dirampok, Suami Tewas dan Istri Luka-luka
Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Meriahnya Tradisi Alek Bakajang di Pangkalan Limapuluh Kota
Pakar ilmu pengelolaan sumberdaya pesisir dan lautan Yonvitner dikukuhkan menjadi Guru Besar Tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB
Yonvitner, Putra Asal Limapuluh Kota Dikukuhkan Jadi Guru Besar IPB