Vaksin Covid-19 Dosis Kedua Sudah Masuk Payakumbuh, yang Pertama Agustus Minggu II

vaksin sinovac, tambahan vaksin padang panjang, vaksinasi sumbar, pmi vaksinasi, vaksinasi sumbar rendah

Vaksin Sinovac [canva]

Langgam.id - Vaksin Covid-19 dosis kedua sudah masuk ke Kota Payakumbuh. Sementara, dosis pertama diperkirakan baru pada pekan kedua Agustus 2021. Sebelumnya, stok vaksin sempat kosong di kota ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal pada Senin (2/8/2021) mengatakan, vaksin yang telah masuk adalah sebanyak 445 vial atau 4550 dosis.

Vaksin dosis kedua, menurutnya, tentu untuk mereka yang sudah mendapatkan vaksin dosis 1. Pemberian dosis kedua agar ada efektivitas penyaluran dosis vaksin kepada masyarakat.

"Jangan sampai warga yang sudah mendapat vaksin dosis 1 jadi terlalu lama interval atau jarak waktu pemberian dengan vaksin dosis kedua," katanya, sebagaimana dirilis situs resmi Pemko Payakumbuh.

Ia mengatakan, setiap warga mendapat dua dosis vaksin. Dua dosis itu tidak satu kali suntik vaksin saja, intervalnya sekitar 1 bulan.

"Kalau pemberian vaksin dosis kedua terlambat, maka efektivitas vaksin khawatirnya terganggu. Untuk itu sesuai edaran kementerian kesehatan, vaksin yang datang ini kita berikan kepada mereka yang sudah dapat dosis pertama. mereka bisa datang ke puskesmas-puskesmas mulai hari ini,” katanya.

Baca Juga: Stok Vaksin di Payakumbuh Habis, Belum Ada Kepastian Kapan Datang

Sementara bagi warga yang sama sekali belum mendapat dosis pertama, Bakhrizal memperkirakan vaksin bagi mereka akan sampai di Payakumbuh pada minggu kedua Agustus.

“Insya Allah, minggu kedua Agustus kita bisa memvaksin warga yang belum mendapat haknya. Kita sudah minta ke pemerintah provinsi agar mengirim tambahan vaksin, mohon bersabar," tuturnya. (*/SS)

 

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pj. Wali Kota Payakumbuh rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Ruang Randang Balai Kota Payakumbuh, Jumat (27/1/2023). Hal ini menindaklanjuti arahan presiden terkait langkah strategis pengendalian inflasi di daerah.
Pemko Payakumbuh Siapkan Langkah Strategis Atasi Inflasi Daerah
Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Himpaudi Kota Payakumbuh di Aula Ngalau Indah, Kamis (26/1/2023).
Pj Wako Rida Ananda Buka Rakerda Himpaudi Payakumbuh
Presiden Sebut Branding Daerah Banyak yang Mirip, Wako: Payakumbuh Sudah Berbeda
Presiden Sebut Branding Daerah Banyak yang Mirip, Wako: Payakumbuh Sudah Berbeda
Pemko Payakumbuh menyambut kunjungan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatra Barat (BPPW) untuk melakukan penandatanganan naskah berita acara serah terima aset kepada Pemerintah Kota Payakumbuh pada Rabu (25/1/2023).
Pemko Payakumbuh Terima Hibah Aset Senilai Rp22 Miliar dari Kementerian PUPR
Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyambut kedatangan pesilat-pesilat dari Kota Payakumbuh sukses yang meraih prestasi
36 Pesilat Payakumbuh Raih Prestasi di Ajang Nasional
Program bapak asuh yang digagas Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda untuk pencegahan stunting cukup memberikan kontribusi penurunan
Menurun, Pj Wako Rida Ananda Terus Tekan Angka Stunting di Payakumbuh