Upaya Tekan Stunting, Pemko Padang Launching Inovasi Layanan Anak Terintegrasi

Upaya Tekan Stunting, Pemko Padang Launching Inovasi Layanan Anak Terintegrasi

Pj Wako Padang Andree Algamar bersama Pj Ketua TP PKK Padang Vanny Andree Algamar meninjau Inovasi Layanan Anak Terintegrasi di RSUD Rasyidin Padang. (Foto: Prokopim)

Langgam.id - Pemerintah Kota Padang mengenalkan program Inovasi Pelayanan Anak Terintegrasi, dalam rangka intervensi serentak penanganan stunting di ibukota Provinsi Sumatra Barat itu.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Harmadi Algamar didampingi Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Padang Vanny Andree Algamar launching program Inovasi Pelayanan Anak Terintegrasi, dalam rangka intervensi serentak penanganan stunting di Kota Padang, Jumat (21/6/2024).

Pelayanan Anak Terintegrasi ini bertempat di lantai satu Gedung Management Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Rasidin Padang.

Andree Harmadi Algamar mengatakan, permasalahan stunting tidak bisa diselesaikan melalui program gizi saja, namun harus terintegrasi dengan program lainnya. Pencegahan stunting juga harus menjadi gerakan bersama dengan melihat semua unsur dan berbagai kalangan.

"Kita apresiasi RSUD dr. Rasidin Padang yang hari ini meluncurkan program pelayanan anak terintegrasi dalam rangka penurunan stunting di Kota Padang dengan melibatkan Baznas Kota Padang. Program ini juga melibatkan dokter spesialis anak, spesialis rehabilitas medis, perawat, fisioterapi, terapis wicara, laboratorium, radiologi dan nutrisionis," sebutnya.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Rasidin Padang Dessy Susanti menyebutkan, dalam inovasi pelayanan anak terintegrasi terdapat empat pelayanan yang diberikan.

Yaitu deteksi dan diagnosis gangguan tumbuh kembang, kuratif dan rehabilitatif gangguan tumbuh kembang, kuratif dan rehabilitatif gangguan ibu hamil dengan resiko tinggi, dan konsultasi nutrisi pendampingan psikolog terkait parenting dan pendampingan kerohanian.

"Kita juga melibatkan Baznas Kota Padang dalam membantu menyediakan susu Pangan Olahan untuk Keperluan Medis Khusus (PKMK) untuk balita stunting. Ditargetkan balita stunting yang dirujuk dan dikelola oleh RSUD dan Baznas dapat keluar dari stunting dalam waktu tiga bulan," ujar Dessy Susanti. (*/Fs)

Baca Juga

Antisipasi Kasus Hukum, Pj Sekda Padang Ingatkan OPD Pengampu Proyek Konsultasi ke Kejari
Antisipasi Kasus Hukum, Pj Sekda Padang Ingatkan OPD Pengampu Proyek Konsultasi ke Kejari
Penerapan Bus Listrik, Pemko Padang Jajaki Kerjasama dengan GIZ dan Shenzen Bus Group
Penerapan Bus Listrik, Pemko Padang Jajaki Kerjasama dengan GIZ dan Shenzen Bus Group
Ada yang baru pada Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 nanti. Pemko Padang berencana akan menggelar pameran artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW pada 7- 13 Agustus 2024.
HJK Padang ke-355, Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW Bakal Dipamerkan di Balai Kota
Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar resmi melaunching gerakan perlindungan bagi anak usia 0-7 tahun dari penyakit polio. Kegiatan ini
96.407 Anak Usia 0-7 Tahun di Padang Jadi Target Sasaran PIN Polio
Dukung UMKM Naik Kelas, 250 IRT di Padang Ikuti Keterampilan Menjahit dan Membatik
Dukung UMKM Naik Kelas, 250 IRT di Padang Ikuti Keterampilan Menjahit dan Membatik
Pemko Padang melakukan pemeliharaan terhadap gedung Balai Kota lama yang berada di Jalan M Yamin. Anggaran senilai Rp1,8 miliar pun
Gedung Balai Kota Lama Dipercantik, Pemko Padang Alokasikan Dana Rp1,8 Miliar