Upacara Sumpah Pemuda, Bupati Sutan Riska: Bangkitkan Semangat Kolaborasi Majukan Negeri

Upacara Sumpah Pemuda, Bupati Sutan Riska: Bangkitkan Semangat Kolaborasi Majukan Negeri

Bupati Dharmasraya Sutan Riska dalam upacara peringatan 95 tahun Sumpah Pemud. (Foto: Prokopim Dharmasraya)

Langgam.id - Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Kabupaten Dharmasraya yang dilangsungkan di halaman kantor bupati setempat, Sabtu (28/10/2023) berjalan khidmat.

Bertindak selaku inspektur upacara, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, serta turut dihadiri unsur Forkopimda Dharmasraya. Sedangkan yang bertindak selaku komandan upacara, Ipda M. Isa.

Di dalam barisan peserta upacara terdapat satu pleton personel TNI, Satu Pleton Korp Shabara Polres Dharmasraya, Satu Pleton Korp Brimob Bataliyon C Dharmasraya, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Korpri, Pelajar dan Mahasiswa.

Sementara barisan pembaca teks Sumpah Pemuda hasil kongres pemuda tanggal 28 Oktober 1928, diikuti peserta yang mengenakan pakaian daerah seluruh Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, dalam amanat tertulis yang dibacakan Sutan Riska menyebut momentum Hari Sumpah Pemuda mengingatkan Bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu Bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia,” ungkapnya.

Menpora menyebut Pemerintah Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda pemudi generasi muda Indonesia untuk seiring sejalan mewujudkan harapan masa depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi, sebutnya, telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.

Disampaikan Menpora, saat ini posisi Indonesia tengah menangani korupsi, kemiskinan, pengangguran, narkoba, pornografi, hoax, ujaran kebencian dan tantangan lain. Namun, ini tak boleh menghentikan semangat pemuda dalam memajukan Indonesia ke arah masyarakat adil dan makmur.

“Kita hadapi kesenjangan teknologi antargenerasi dan perubahan kompleks dalam berbagai bidang. Penguasaan teknologi, informasi, dan literasi digital oleh pemuda menjadi krusial. Pemuda harus memiliki visi, misi, serta peran strategis 30 tahun ke depan untuk mempercepat pembangunan. Kolaborasi lintas generasi dan sektor diperlukan, sesuai dengan undang-undang kepemudaan dan Perpres Koordinasi Pelayanan Kepemudaan,” ujarnya.

Terakhir ia mengajak seluruh rakyat Indonesia, pada Hari Sumpah Pemuda ini, untuk menyepakati kerja sama dari semua pihak terkait: Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Organisasi Kepemudaan, Komunitas, dan elemen lainnya.

“Saudara-saudara, mari gunakan momentum Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri. Semoga Tuhan senantiasa memberikan kita kekuatan,” tandasnya. (*/Fs)

Baca Juga

Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Pasar rakyat berkonsep modern akan segera hadir di Kabupaten Dharmasraya. Pelaksanaan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Dharmasraya
Gandeng PT Adhi Perkasa Gedung, Pasar Rakyat Dharmasraya Dibangun di Lahan 5 Ha
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Kinerja Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Terbaik di Sumbar, Nomor 9 di Indonesia
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Stok gula pasir di Bulog Sumbar kosong, sementara stok beras capai 7.000 ton.
Bulog Gelar Bazar 2 Hari Disela HUT Dharmasraya
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi