Untuk Peringatan, Dispar Pasang Bendera Warna Merah dan Hitam di Pantai Padang

Untuk Peringatan, Dispar Pasang Bendera Warna Merah dan Hitam di Pantai Padang

Dinas Pariwisata Kota Padang memasang bendera peringatan untuk pengunjung di Pantai Padang. (Foto: Dinas Pariwisata Padang/padang.go.id)

Langgam.id - Dinas Pariwisata Kota memasang sejumlah bendera berwarna merah dan hitam di Pantai Padang. Pemasangan bendera tersebut adalah peringatan untuk pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Eri Sendjaya dan Kepala Bidang Destinasi dan Daya Tarik Pariwisata Diko Riva Utama dalam keterangan tertulis di situs resmi Pemko mengatakan, pemasangan itu mengantisipasi terjadinya hal-hal yang dapat membahayakan keselamatan pengunjung.

Menurut Diko, cuaca buruk, hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Kota Padang beberapa hari terakhir, mengakibatkan tingginya gelombang laut termasuk di kawasan wisata Pantai Padang.

Menurutnya, bendera peringatan dipasang di sejumlah titik yang dianggap rawan.Dua macam bendera yang dipasang sesuai dengan tingkat kerawanan.

Daerah yang terdapat bendera hitam, kata Diko, artinya daerah tersebut berbahaya dan dilarang untuk berenang. sementara bendera berwarna merah, agar pengunjung yang ingin berenang agar lebih berhati-hati.

"Jadi kita imbau para pengunjung agar memperhatikan rambu-rambu yang telah kita pasang, serta lebih berhati-hati bermain di pantai," kata Diko, Sabtu (19/11/2022).

Lokasi yang dipasang bendera peringatan tersebut dibagi ke dalam empat zona. Pertama, mulai dari LP Muaro sampai Simpang Hangtuah. Kedua, simpang Hangtuah hingga depan Hotel My All. Kemudian yang ketiga hingga jembatan Purus dan terakhir di belakang Hotel Pangeran.

Selain memasang rambu peringatan berupa bendera, Dinas Pariwisata Kota Padang, menurutnya juga akan menurunkan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) guna menjaga dan mengawasi para pengunjung Pantai Padang.

Balawista yang diterjunkan telah mendapat pembinaan dan pelatihan dari Basarnas terkait upaya pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan saat berenang. (*/SS)

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Pantai Purus di Kota Padang, merupakan salah satu objek wisata yang selalu ramai dikunjungi masyarakat, terutama saat libur Lebaran.
Ombak Besar, Pengunjung Dilarang Berenang di Pantai Purus Padang
Pemko Padang kembali bakal menggelar Festival Muaro Padang pada tahun ini. Festival ini rencananya dilaksanakan usai Idul Fitri 1445 H nanti.
Festival Muaro Menyambut Wisatawan saat Libur Lebaran di Padang
Pohon Tumbang Penghambat Akses Jalan di Simpang Lubuk Begalung Dibersihkan
Pohon Tumbang Penghambat Akses Jalan di Simpang Lubuk Begalung Dibersihkan
Padang Luncurkan Program KKN Tematik Nabuang Sarok
Padang Luncurkan Program KKN Tematik Nabuang Sarok
Sebuah kota tidak hanya sebuah wilayah geografis; itu adalah kumpulan dari budaya, kreativitas, dan kolaborasi yang mengalir melalui jalan
Sosok Pemimpin yang Dibutuhkan Padang: Membangun Kota Kreatif dan Kolaboratif
Satu Unit Mobil Diderek Petugas di Kawasan Jati Padang
Satu Unit Mobil Diderek Petugas di Kawasan Jati Padang