UIN Imam Bonjol Gelar Workshop Tinjauan Kurikulum Pascasarjana

UIN Imam Bonjol Gelar Workshop Tinjauan Kurikulum Pascasarjana

Progam Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar workshop peninjauan kurikulum pascasarjana di Pangeran Beach Hotel, Padang pada 25-27 September 2022. (Foto: Humas UIN IB Padang)

Langgaminfo - Progam Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar workshop peninjauan kurikulum pascasarjana di Pangeran Beach Hotel, Padang pada 25-27 September 2022.

Ketua Panitia Pelaksana, Dr. Muhammad Zalnur, M.Ag dalam laporannya menyampaikan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 83 orang yang terdiri dari Dosen Program Studi, Pengambil Kebijakan, Stakeholder dan Pengelola pada PPs UIN IB Padang.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Firdaus, M.Ag menyampaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang ini memberikan implikasi yang sangat luar biasa yang harus direspon dengan peninjauan kurikulum pascasarjana. Dengan peninjauan kurikulum ini diharapkan lulusan pascasarjana UIN IB semakin berkualitas dan unggul, mempunyai daya saing yang tinggi serta dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut.

Rektor UIN IB, Prof. Dr. Martin Kustati, M.Pd dalam sambutannya pada saat membuka secara resmi kegiatan menyampaikan UIN Imam Bonjol Padang harus mampu menjadi universitas yang unggul dan kompetitif, mengingat lembaga ini merupakan pendidikan tinggi keagamaan Islam Pertama dan tertua di Sumatera Barat.

Rektor meminta Pascasarjana harus mampu leading untuk memperoleh akreditasi tingkat Internasional untuk memperoleh rekognisi masyarakat intelektual dunia, dan menjadi Epicentrum kajian Islam dari Ranah Minang.

“Saya berharap kurikulum yang dirumuskan benar-benar mendukung core competencies dari profile lulusan masing-masing program studi. Susun dan hitunglah proyeksi lulusan beberapa tahun ke depan. Sesuaikan kembali dengan laju teknologi informasi yang mendorong peradaban pada saat ini,” lanjutnya.

Rektor berharap Pascasarajana bisa menghasilkan lulusan yang melewati kompetensi yang telah ditetapkan pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan terus mengembangkan riset terhadap kebutuhan pendidikan pada tingkat magister dan doktor di program studi yang lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini dikemas dalam bentuk diskusi Telaah Kurikulum Program Studi dan menghadirkan pemateri dan pakar diantaranya; Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A dengan materi Desain Kurikulum Pascasarjana Perguruan Tinggi Islam. Dr. Fauzan, M.A dengan materi Reorientasi Arah Kebijakan Kurikulum Pascasarjana Perguruan Tinggi Islam. (Advertorial)

Baca Juga

Hebatnya kampus itu ditandai dengan mahasiswanya berprestasi. Dosen dan pimpinan yang hebat, karena mahasiswanya berprestasi.
UIN IB Padang Ciptakan Mahasiswa Berprestasi Lewat Pelatihan Student Literacy Camp 2024
UIN Imam Bonjol Padang mengadakan kuliah umum yang diadakan pada Kamis (16/5/2024) yang diadakan di gedung J Kampus lll Sungai Bangek mulai
UIN IB Padang Gelar Kuliah Umum, Buka Peluang Studi Lanjutan dan Kolaborasi Internasional
Acara pembukaan The 2nd Annual International Conference of Imam Bonjol Library disambut dengan antusias oleh para akademisi, praktisi
The 2nd Annual International Conference of Imam Bonjol Library, Meningkatkan Kualitas Manajemen Perpustakaan
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menghadiri rapat pembahasan kerja sama dengan Bupati Pasaman tentang Peraturan Daerah
Bupati Pasaman Gandeng UIN IB Kerja Sama, Wujudkan Pasaman yang Lebih Baik dan Bermartabat
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar acara pengukuhan lulusan PPG
119 Peserta Ikuti Pengukuhan Lulusan PPG UIN Imam Bonjol Padang
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116
UIN Imam Bonjol Padang Gelar Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional ke-116