Udara Tidak Sehat, Warga Padang Panjang Diimbau Kurangi Kegiatan di Luar Rumah

Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Dinas Perkim LH Padang Panjang, Jeff Raymoon mengatakan bahwa saat ini kabut asap di Padang Panjang

Kondisi Kota Padang Panjang yang diselimuti kabut asap. [foto: Kominfo Padang Panjang]

Langgam.id - Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Dinas Perkim LH Padang Panjang, Jeff Raymoon mengatakan bahwa saat ini kabut asap di Padang Panjang makin memburuk.

Oleh karena itu, ia mengharapkan masyarakat untuk tidak terlalu sering keluar rumah. Namun jika keluar rumah, diimbau untuk memakai masker.

Jeff mengungkapkan, pemantauan kualitas udara Padang Panjang dilakukan pada Senin (9/10/2023) dengan alat kualitas udara Haz-Dust EPAM 5000 dengan ukuran PM 2,5 (Particulate Matter 2,5 mikrometer).

"Pada hari ini tercatat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) 110,36 dengan kategori tidak sehat," ujar Jeff dikutip dari laman Facebook Kominfo Padang Panjang, Selasa (10/10/2023).

Kategori ISPU tersebut ditentukan berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No P.14/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2020.

"Saat ini udara Kota Padang Panjang berada dikategori tidak sehat. Kategori tidak sehat ini bersifat merugikan pada manusia, hewan dan tumbuhan Maka itu masyarakat diharapkan mengurangi kegiatan di luar rumah," harapnya.

Jeff mengimbau agar masyarakat Padang Panjang untuk mengurangi aktivitas yang terlalu lama di luar ruangan. Namun untuk kelompok sensitif boleh melakukan aktivitas luar, tetapi mengambil rehat lebih sering dan melakukan aktifitas ringan. (*/yki)

Baca Juga

Harga sayur-sayuran di Kota Padang Panjang mengalami kenaikan akibat erupsi Gunung Marapi yang menyebabkan paparan abu vulkanik selama
Harga Sayuran di Padang Panjang Naik Akibat Dampak Abu Vulkanik Gunung Marapi
Padang Panjang Siapkan Beras SPHP di Lima Lokasi untuk Antisipasi Kenaikan Harga Beras
Padang Panjang Siapkan Beras SPHP di Lima Lokasi untuk Antisipasi Kenaikan Harga Beras
Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa inflasi Sumatra Barat (Sumbar) tercatat 0,57 persen secara bulanan pada November 2023.
Padang Panjang Pertahankan Warung Sembako untuk Kendalikan Inflasi 2024
Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Padang Panjang diimbau untuk mengurus sertifikasi halal. Saat ini diterbitkan Badan
UMKM di Padang Panjang Diimbau Urus Sertifikasi Halal
Padang Panjang Gerakkan Tanam Cabai di Pekarangan
Padang Panjang Gerakkan Tanam Cabai di Pekarangan
Sebanyak 105 titik api terpantau terdapat di sejumlah daerah di Sumatra. Yaitu di Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan dan Jambi. Arah angin
Ratusan Titik Api Terpantau di Provinsi Tetangga, Kualitas Udara di Padang Kategori Sedang