Tolak Revisi UU KPK, Massa Mahasiswa Menyemut Penuhi Halaman DPRD Sumbar

Tolak Revisi UU KPK, Massa Mahasiswa Menyemut Penuhi Halaman DPRD Sumbar

Mahasiswa mulai menyemut di halaman kantor DPRD Sumbar, bahkan ada yang memanjat pagar dan pohon (Foto: Irwanda/Langgam.id)

Langggam.id - Lebih seribu mahasiswa mulai melakukan aksi unjuk rasa di halaman Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatra Barat (Sumbar), Rabu (24/9/2019). Massa mahasiswa ini datang dari berbagai perguruan tinggi di Sumbar. Aksi mereka dikawal ketat pihak kepolisian.

Selain mahasiswa, tampak juga para pegiat antikorupsi Sumbar di antaranya Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Unand, Feri Amsari, Dosen Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Miko Kamal serta aktivis dari berbagai organisasi masyarakat sipil.

Tak hanya berorasi, massa mahasiswa juga menggelar aksi teatrikal di tengah halaman kantor anggota dewan tersebut. Mereka juga membawa keranda mayat sebagai simbol matinya keadilan di Indonesia.

"DPR bangsat. Turun, turun. Hidup mahasiswa. Buka pintunya (kantor DPRD Sumbar)," sorak seribuan mahasiswa sembari menyayikan yel-yel mereka.

Pantauan langgam.id massa mahasiswa tampak  menduduki kendaraan pihak kepolisian polisian. Meskipun telah diperingati pihak kepolisian, akan tetapi mahasiswa tidak mengindahkan.

Saking membludaknya massa, para mahasiswa juga memanjat pohon serta pagar di Kantor DPRD Sumbar. Mereka juga mementangkan berbagai spanduk bertuliskan "Jangan bunuh KPK", "Cukup Mantan Biar Mampus", "Kami Menolak RUU yang tidak pro-rakyat, Ibu Pertiwi diperkosa patriaki".

"Kita satu komando teman-teman. Sepakat ya teman-teman. Hidup masyarakat Indonesia," seru salah satu orator.

Seperti diketahui, aksi mahasiswa ini bertajuk #reformasidikorupsi terkait protes revisi UU KPK yang dianggap sebagai merupakan cara-cara legislatif koruptif, melanggar undang-undang dan bermasalah. Massa diinformasikan berasal dari mahasiswa di perguruan tinggi di Sumbar serta berasal Masyarakat Sipil Anti Korupsi. (Irwanda)

Baca Juga

PKS masih unggul dalam perolehan suara sementara untuk pemilihan legislatif DPRD Sumbar 2024. PKS unggul dari Partai Gerindra di posisi kedua
Berikut Caleg dengan Perolehan Suara Tertinggi Sementara di 8 Dapil DPRD Sumbar
Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan, jelang hingga hari pemungutan suara, suasana Pemilu di Sumbar berjalan baik. Meski terjadi perbedaan dalam dukungan kepada calon presiden
Supardi Harap Masa Penghitungan Suara hingga Pengumuman Resmi KPU, Sumbar Tetap Tentram
Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memimpin sementara perolehan suara terbanyak untuk pemilihan legislatif (pileg) DPRD Provinsi Sumbar
Real Count Sementara Pileg DPRD Sumbar: Gerindra Unggul, Disusul PKS-Golkar-PAN
PKS untuk sementara menempati peringkat pertama peraih suara terbanyak untuk pemilihan legislatif (pileg) DPRD Provinsi Sumbar 2024.
Hasil Sementara Pileg DPRD Sumbar 2024: Teratas PKS, Disusul Golkar dan PAN
DPRD Sumbar menyampaikan hasil uji kepatutan dan kelayakan calon Anggota Komisi Informasi (KI) Sumbar periode 2023-2027 kepada
DPRD Umumkan 5 Calon Anggota Komisi Informasi Sumbar Periode 2023-2027
Baralek Gadang KIP, Supardi: Ciri Negara Maju Adalah Keterbukaan
Baralek Gadang KIP, Supardi: Ciri Negara Maju Adalah Keterbukaan