Turun ke Lapangan, Pj Wako Payakumbuh Tampung Keluhan dari Petugas Kebersihan

InfoLanggam - Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno meninjau beberapa titik-titik pembuangan sampah yang ada di Kota Payakumbuh pada Jumat (31/5/2024).

Lokasi yang ditinjau Suprayitno mulai dari seputaran Gelanggang Pacuan Kuda, Jalan Jeruk, Pasar Tradisional Ibuh hingga Kawasan Wisata Batang Agam. Dari peninjauan terlihat semua sampah sudah bersih.

"Sejak Subuh, semua petugas kita telah bekerja dengan maksimal. Apresiasi yang tinggi untuk semua petugas kebersihan kita," ujar Suprayitno.

Saat peninjauan itu, Suprayitno juga melihat di beberapa tempat ada tanaman merambat yang mulai tumbuh liar sehingga merusak wajah Kota Payakumbuh.

"Nanti akan kita galakkan lagi kebiasaan gotong royong ini di tengah-tengah masyarakat. Karena dengan bergotong royong apa yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin," bebernya.

Ketika berhenti di salah satu titik, Suprayitno menampung masukan dan keluhan dari beberapa petugas yang sedang bekerja membersihkan sampah.

"Tadi ada beberapa keluhan dari petugas kebersihan, kita akan segera tindaklanjuti itu. Karena ini untuk kenyamanan petugas kita juga," ujarnya.

Kemudian, Wako Suprayitno mengimbau dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pemilahan sampah di rumah menjadi tiga jenis yaitu sampah organik, sampah, anorganik yang bernilai, dan sampah lainnya atau residu.

“Kami mengimbau dan mengajak masyarakat kiranya berkenan membantu mengurangi sampah dan jangan buang sampah sembarangan. Lakukanlah pemilahan sampah dengan baik," tuturnya.

Selanjutnya, ia juga mengimbau masyarakat untuk melakukan pengolahan sampah organik menjadi kompos dengan membuat lubang atau menggunakan komposter sederhana. Sampah anorganik yang masih bernilai disalurkan ke bank sampah atau lapak barang bekas. (*)

Baca Juga

Kapolres Payakumbuh Wahyuni Sri Lestari mengatakan, pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI yang akan dilaksanakan 13 Juli
Polres Payakumbuh Kerahkan 217 Personel Amankan PSU DPD RI 13 Juli
Sekda Payakumbuh, Rida Ananda menghadiri rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Aula Randang,
Pemko Payakumbuh Komitmen Realisasikan Percepatan Penurunan Stunting
Pemko Payakumbuh akan menggelar lomba mural guna menyambut HUT RI ke-79. Untuk mempersiapkan lomba tersebut, Pemko Payakumbuh mengadakan
Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural Guna Sambut HUT RI ke-79, Ini Jadwalnya
Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh ikut berkurban bersama masyarakat Tangah Padang, Kelurahan Balai Panjang melalui program ASN Berkurban
Hewan Kurban dari Pj Wako Payakumbuh Disalurkan di Tangah Padang
Sebanyak 30 kelompok tani di Kota Payakumbuh menerima bantuan alat dan mesin pertanian di Kantor Dinas Pertanian Kota Payakumbuh.
30 Kelompok Tani di Payakumbuh Terima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian
Penjabat Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno menerima kunjungan dari UP3 PLN Payakumbuh di ruang kerja lantai II Kantor Wali Kota Payakumbuh
Bertemu UP3 PLN Payakumbuh, Pj Wako Sinergikan Sejumlah Program Pemko