Tinjau Persiapan Pilwana Serentak, Sutan Riska: Distribusi Logistik Harus Jadi Perhatian

Langgam.id - Sutan Riska Tuanku Kerajaan menerbitkan SE Nomor: 411/1196/Dinkes/X/2022 tentang kewaspadaan kasus gagal ginjal akut

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan saat meninjau persiapan Pilwana Serentak di Dharmasraya. [Foto: Dok. Pemkab Dharmasraya]

Langgam.id - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama unsur Forkopimda meninjau persiapan pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) Serentak 2022 di Nagari IV Koto Pulau Punjung dan Nagari Sungai Kambuik, Kecamatan Pulau Punjung, Selasa (4/10/2022).

Dalam kunjungan itu, Sutan Riska meminta panitia penyelenggara agar dapat bekerja secara maksimal dan transparan, agar terciptanya pilwana yang jujur dan adil.

Kemudian, seiring proses pemilihan yang tidak lama lagi, Sutan Riska berpesan untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasinya antara panitia, Polri dan TNI serta pihak terkait lainnya.

"Kehadiran kami di sini merupakan bentuk dukungan penuh kepada panita agar penyelenggaraan pilwana tahun ini berjalan sukses tanpa ada kendala yang berarti di lapangan," ujar Sutan Riska, Selasa (4/10/2022).

Hal yang tidak kalah penting dalam suksesnya penyelenggaraan Pilwana, tegas Sutan Riska, yaitu persiapan hingga pendistribusian logistik, dan itu harus benar-benar menjadi perhatian panitia di tingkat nagari.

"Panitia harus memastikan percetakan surat suara harus segera dituntaskan, begitu juga logistik lainnya, seperti kotak dan bilik suara harus sudah siap. Dan yang paling penting, bagaiamana pendistribusiannya, ini sudah dipetakan mana saja daerah-daerah yang rawan banjir dan longsor, terlebih saat ini musim hujan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa, Hasto Kuncoro menyebutkan, sebayak 131 calon telah ditetapkan sebagai calon wali nagari yang akan bertarung di 43 nagari yang melaksanakan Pilwana Serentak tahun 2020.

Sesuai tahapan Pilwana yang sedang berjalan saat ini, kata Hasto, adalah masa kampanye yang sudah dimulai 1 sampai 16 Oktober, masa tenang 17 sampai 19 Oktober. Sedangkan, Pemungutan dan penghitungan suara digelar 20 Oktober.

Kemudian, Bamus nagari akan menyampaikan calon wali nagari terpilih kepada bupati 21 Oktober 2022, penyelesaian perselisihan hasil pemilihan 22 Oktober sampai 21 November. Sedangkan pelantikan wali nagari terpilih 8 Desember 2022.

Baca juga: Pendataan Ekonomi, Sekda Dharmasraya: Butuh Data Berkualitas

"Pemkab Dharmasraya berharap seluruh masyarakat serta pihak terkait mendukung pemilihan wali nagari serentak 2022 agar terlaksana secara demokrasi, jujur dan adil, serta berjalan aman dan kondusif," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Pasar rakyat berkonsep modern akan segera hadir di Kabupaten Dharmasraya. Pelaksanaan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Dharmasraya
Gandeng PT Adhi Perkasa Gedung, Pasar Rakyat Dharmasraya Dibangun di Lahan 5 Ha
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Kinerja Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Terbaik di Sumbar, Nomor 9 di Indonesia
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Stok gula pasir di Bulog Sumbar kosong, sementara stok beras capai 7.000 ton.
Bulog Gelar Bazar 2 Hari Disela HUT Dharmasraya
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi