Tinjau Lokasi Banjir di Koto Salak dan Padukuan, Kadis Sosial Dharmasraya Serahkan Bantuan

InfoLanggam - Kepala Dinas Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (SOSP3APPKB) Dharmasraya, Martin Efendi meninjau lokasi banjir di Nagari Koto Salak dan Padukuan Kecamatan Koto Salak, Senin (1/1/2024).

Pada kesempatan itu, Martin juga memberikan bantuan kemasyarakat yang terkena banjir di Nagari Koto Salak dan Padukuan, Kecamatan Koto Salak.

Saat peninjauan tersebut, Martin didampingi Kabid RPJS M Kamel, Wali Nagari Koto Salak Afri Wandi dan Wali Nagari Padukuan Sice. Mereka melakukan pemantauan dan langsung menyisir wilayah yang terdampak bencana bajir untuk memberikan bantuan.

"Terkait dengan bencana yang hampir berdampak ke seluruh kecamatan maka sudah saatnya kita menetapkan Dharmasraya Tanggap Darurat Bencana. Sebab Nagari Padukuan sudah terisolasi dan seluruh akses sudah putus dan masyarakat sangat mengharapkan bantuan perahu," beber Martin.

Martin mengungkapkan bahwa pihaknya telah menerjunkan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Pendamping PKH ke sejumlah titik banjir.

Afri Wandi selaku Wali Nagari Koto Salak juga mengatakan, ini adalah musibah alam yang tidak bisa prediksi. Namun untuk mengatasi bencana ini butuh koordinasi seluruh pihak terkait agar masyarakat bisa terlindungi dan diberikan bantuan.

Martin Efendi menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan berasal dari Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial. Dan juga menghimbau kepada masyarakat yang berada di pinggiran aliran sungai Batang Siat untuk tetap waspada dan jaga anak-anak untuk tidak bermain di pinggir sungai.

"Kita berharap agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat serta bencana ini dapat segera berakhir," ujarnya. (*)

Baca Juga

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Dharmasraya agar dapat
Jaga Stok Aman dan Tersedia, Bupati Dharmasraya Imbau ASN Rutin Donor Darah
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Inspeksi Pascalebaran, Bupati Dharmasraya Temukan Kendaraan Dinas Tak Layak Jalan
Sekda Dharmasraya, Adlisman menyampaikan terima kasih kepada seluruh ASN yang telah turut membantu kesuksesan penyelenggaraan kegiatan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 1445
Kegiatan Ramadan Berjalan Sukses, Sekda Dharmasraya Ucapkan Terima Kasih
Sekda Dharmasraya, Adlisman mengatakan akan menindak tegas PNS yang tidak mengikuti Apel Gabungan ataupun tidak masuk di hari pertama kerja.
Pemkab Dharmasraya Tindak Tegas PNS yang Tak Hadir di Hari Pertama Kerja Pascalebaran
Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memimpin Apel Gabungan Bulan Maret di halaman Kantor Bupati pada Senin (4/3/2024). Apel
Pimpin Apel Gabungan Bulan Maret, Ini Arahan Bupati Dharmasraya
Polres Dharmasraya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Singgalang 2024" dalam rangka pengamanan Idul Fitri
Polres Dharmasraya Kerahkan 210 Personel Amankan Lebaran 2024