Tingkatkan Mutu Akademik dan Tata Kelola, Senat UIN Imam Bonjol Kunjungi UIN Ar Raniry

InfoLanggam - Senat Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang melakukan kunjungan benchmarking ke UIN Ar Raniry Banda Aceh pada 15-17 Mei 2024 guna meningkatkan mutu akademik dan tata kelola.

Kunjungan ini menjadi langkah strategis untuk mempelajari berbagai pengalaman terbaik (best practices) dari perguruan tinggi ternama tersebut.

Delegasi UIN Imam Bonjol Padang yang terdiri dari Ketua Senat, Duski Samad, Sekretaris, Komisi I,II dan III, Ketua LPM, perwakilan dekan fakultas, dan turut mendampingi Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kemajuan UIN Imam Bonjol dalam berbagai aspek.

Kegiatan ini disambut langsung oleh rektor UIN Ar-Raniry, Mujiburrahman. Dalam sambutannya rektor menyampaikan selamat datang di kampus energi kebangsaan sinergi membangun negeri, yang tafsir terhadap nilai-nilai Pancasila, sebagai ideologi bangsa.

Kemudian selanjutnya Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati menyampaikan informasi tentang senat UIN Imam Bonjol Padang.

“Senat UIN Imam Bonjol sebagai badan normatif dan pertimbangan dalam melaksanakan tugas fungsinya memerlukan masukan, perbandingan dan mencermati pengalaman baik (best practices) dari UIN lain di Indonesia.“ jelasnya.

Ketua Senat, Duski Samad menjabarkan terkait beberapa poin yang ingin UIN Imam Bonjol ketahui dari UIN Ar-Raniry yaitu terkait memperkuat karakter mahasiswa dan rahasia akreditasi unggul.

“Salah satu fokus utama benchmarking adalah mempelajari program Mahad Aly di UIN Ar Raniry. Program ini bertujuan untuk memperkuat karakter mahasiswa dalam beragama Islam dan menjadi ciri khas mahasiswa UIN. Senat UIN Imam Bonjol ingin mempelajari lebih lanjut tentang program ini sehingga dapat menerapkannya di UIN Imam Bonjol untuk menghasilkan generasi muda yang Islami dan berakhlak mulia,” ungkap Duski Samad.

Dalam pembentukan karakter, Mujiburrahman menjelaskan bahwa UIN Ar-raniri saat ini sudah membentuk tim Hisbah Ar-Raniry yang bertugas pengawasan dan pembinaan pada mahasiswa terdiri dari ormawa, sema dan dema yang nantinya bertugas untuk menegur mahasiswa yang melanggar hal-hal yang bertentangan.

Ia menambahkan, dalam kontek pengembangan akademik dan karakter, mahasiswa UIN Ar-Raniry wajib melaksanakan subuh moderasi setiap jumat pagi, kegiatan ini berlangsung di Mahad Al Jamiah.

Seperti yang diketahui, UIN Ar-Raniry sudah memperolah akreditasi unggul. Hal ini meningkatkan semangat UIN Imam Bonjol Padang untuk mengetahui strategi yang dimiliki UIN Ar-Raniry.

“Menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai mitra salah satunya yaitu Pemerintah Kota Aceh, dalam berbagai pertemuan dengan Pemko Aceh sebagai pimpinan saya menjelaskan pentingnya akreditasi Unggul bagi universitas. Hal ini sangat didukung oleh pemerintah kota mulai dari bantuan bangunan, bantuan dana, hingga turut hadir dalam proses akreditasi,” ujar Mujiburrahman

Melalui benchmarking ini, Senat UIN Imam Bonjol berharap dapat memperoleh banyak masukan dan pembelajaran berharga yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu akademik dan tata kelola UIN Imam Bonjol.

“Kita harus membedakan mana rivalitas dan mitralitas. Saya sangat senang sekali atas pertemuan ini karena terlihatnya mitralitas antara uin imam bonjol dengan UIN Ar-Raniry,” ungkap Nazaruddin.

Kunjungan ini juga diharapkan dapat memperkuat kerjasama antar UIN di Indonesia dan menjadikan UIN Imam Bonjol sebagai perguruan tinggi yang unggul dan berdaya saing di kancah nasional dan internasional. (*)

Baca Juga

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang mengadakan workshop untuk peningkatan layanan fakultas. Kegiatan ini dibuka oleh
FEBI UIN Imam Bonjol Padang Adakan Workshop Peningkatan Layanan Fakultas
UIN Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Peninjauan Standar Mutu yang bertajuk “Memperkuat Standar Mutu melalui Peninjauan Standar Mutu
Tingkatkan Standar Mutu Dosen, UIN IB Padang Gelar Workshop Peninjauan Standar Mutu
Sebagai regulator, Kementerian Agama Republik Indonesia tidak sebatas menyusun berbagai regulasi dan kebijakan yang menitikberatkan pelayanan
Haji Ramah Lansia: Fokus Kementerian Agama RI Tahun 2024
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar kegiatan yang bertajuk “Optimalisasi Penyusunan Juknis: Strategi dan Implementasi
Tingkatkan Kualitas Layanan, UIN Imam Bonjol Padang Gelar Kegiatan Penyusunan Juknis
Kementerian Agama kembali mengadakan program seleksi beasiswa Pemerintah Maroko pada tahun ini. Proses penyeleksian ini dilakukan pada 15
UIN Imam Bonjol Padang Diamanahi Kemenag untuk Adakan Seleksi Beasiswa Maroko
Hebatnya kampus itu ditandai dengan mahasiswanya berprestasi. Dosen dan pimpinan yang hebat, karena mahasiswanya berprestasi.
UIN IB Padang Ciptakan Mahasiswa Berprestasi Lewat Pelatihan Student Literacy Camp 2024