Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Sumbar Kunjungi Payakumbuh

InfoLanggam - Tim Penilai Lomba Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mengunjungi Kota Payakumbuh, Senin (24/6/2024).

Tim yang diketuai oleh Kuartita Efari Handiana tersebut disambut oleh Asisten I Pemko Payakumbuh, Dafrul Pasi di Posyandu Bougenville 2, Kelurahan Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

Pada kesempatan itu, Dafrul mengatakan bahwa ada 171 posyandu pada 47 kelurahan se-Kota Payakumbuh yang kunjungannya berfluktuasi dengan capaian data terakhir 95,91 persen.

"Kunjungan tersebut dapat dirasakan melalui Posyandu Bougenville 2 yang memberikan bukti nyata bahwa kolaborasi dapat melahirkan kegiatan inovatif yang memiliki dampak luar biasa bagi masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa banyak kegiatan yang dicetuskan oleh Posyandu Bougenville 2 saat para kadernya tidak hanya menunggu, tetapi juga berusaha menjemput bola. Hal ini supaya masyarakat semangat untuk datang ke posyandu.

"Kita menyadari salah satu ujung tombak yang bisa diefektifkan dalam mendukung program nasional adalah posyandu. Optimalisasi pokjanal posyandu menjadi semacam sentral poin bagi Pemko Payakumbuh," bebernya.

Ia menambahkan, Pemko mendorong seluruh posyandu di Payakumbuh untuk bekerja sama dengan BUMN, BUMD, dan pengusaha lokal lainnya. Harapannya, dengan kolaborasi itu posyandu dapat bergerak lebih optimal untuk mencapai generasi emas 2045 nanti.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan sebagai salah satu nominasi, semoga Posyandu Bougenville 2 menjadi yang terbaik di Sumatra Barat," harapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Payakumbuh,Cece Rida Ananda mengatakan peningkatan fungsi dan kinerja posyandu tidak terlepas dari intervensi yang dilakukan TP PKK dalam penyelenggaraan dan menggerakkan peran serta masyarakat dalam kegiatan.

"TP PKK Payakumbuh ikut mensupport dan memajukan posyandu yang ada di Kota Payakumbuh, khususnya Posyandu Bougenvil 2 dengan memberikan pembinaan sesuai dengan tugas pokok dan Fungsi PKK," ungkapnya.

"Besar harapan kami, Posyandu Bougenvile 2 dapat melaju ke tingkat provinsi dan tingkat nasional serta memotivasi posyandu lain di Payakumbuh nantinya," tuturnya.

Kemudian, Ketua Tim Penilai Kuartita Efari Handiana turut menyampaikan ucapan selamat dan apresiasinya kepada Posyandu Bougenville 2 yang masuk nominasi terbaik kategori kota dan mewakili Payakumbuh pada lomba tersebut.

"Lomba ini bukan hanya sekedar penilaian, tetapi juga bentuk evaluasi kegiatan posyandu. Saya yakin dan percaya, Posyandu Bougenville 2 telah mengupayakan yang terbaik untuk menjadi penggerak di masyarakat, semoga mendapatkan hasil yang memuaskan," ujarnya. (*)

Baca Juga

Pemko Payakumbuh menyatakan siap berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Rendang Minangkabau (Hipermi) untuk keberlanjutan
Tingkatkan Pasar Ekspor Rendang, Pemko Payakumbuh Siap Berkolaborasi dengan Hipermi
Tiga atlet paralayang dari Kota Payakumbuh yakni Jordi Ansyah R, Abdurrahman Hidayat, Rira Nurhakim berhasil meraih prestasi
3 Atlet Paralayang Asal Payakumbuh Raih Prestasi di Kejuaraan Internasional
Kota Payakumbuh berhasil meraih prestasi di tingkat nasional pada ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXV yang diadakan
Payakumbuh Raih Prestasi pada Ajang Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXV di Mataram
Pj Wali Kota Payakumbuh Suprayitno melepas secara resmi keberangkatan logistik untuk pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD
Lepas Pendistribusian Logistik PSU DPD, Pj Wako Payakumbuh Imbau Warga Gunakan Hak Pilih
Bawaslu masih menemukan calon anggota DPD yang memasang alat peraga kampanye (APK) di beberapa titik di Kota Payakumbuh. Padahal berdasarkan
Bawaslu Bakal Tertibkan 113 APK Calon Anggota DPD yang Masih Terpasang di Payakumbuh
Payakumbuh Botuang Festival (PBF) yang masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf)
Payakumbuh Botuang Festival Dibuka, Pj Wako: Pemko Komitmen Majukan Pariwisata dan Ekraf