Tidak Ada Perpanjangan Libur, Pelajar di Sumbar Masuk Sekolah 9 Mei

Meski di sejumlah daerah di Indonesia ada seragam sekolah gratis, namun di Padang tidak ada program tersebut. Disdikbud Padang

Ilustrasi seragam sekolah (Foto: infobdg)

Langgam.id - Pelajar di Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mulai masuk sekolah pada Senin tanggal 9 Mei 2022. Tidak ada perpanjangan libur sebagaimana kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat.

Sebagaimana diketahui mulai Senin 9 Mei 2022 besok, seharusnya pelajar kembali bersekolah. Namun pemerintah memperpanjang masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022.

Kebijakan ini resmi diputuskan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), untuk memberikan kesempatan kelonggaran para siswa yang masih mudik Lebaran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar Barlius mengatakan tidak ada perpanjangan masa libur sekolah di Sumbar. Kebijakan pemerintah pusat itu menurut dia diterapkan untuk sekolah di Pulau Jawa.

"Kebijakan Kemendikbud itu untuk Pulau Jawa khususnya Jakarta, fokusnya kesana, Sumbar tidak ada, Sumbar juga bukan tempat baliknya pemudik," katanya, Sabtu (7/5/2022).

Menurut dia, kebijakan pemerintah pusat diambil untuk mengantisipasi penumpukan arus balik para pemudik dari kampung halaman masing-masing. Maka dilonggarkanlah jadwal masuk sekolah untuk mengurai penumpukan dengan menggeser waktu masuk sekolah.

Sementara Sumbar sendiri menurut Barlius bukan lokasi tujuan arus balik pemudik, sehingga tidak perlu perpanjangan. Siswa sekolah di Sumbar tetap masuk pada tanggal 9 Mei.

"Untuk Sumbar tidak ada masalah, orang keluar dari Sumbar ini kan tidak banyak, kalau pemudik yang datang iya banyak," katanya.

Pada tanggal 9 Mei nanti kegiatan belajar mengajar biassnya akan dimulai dengan upacara bendera dan silaturahmi sebelum kembali seperti biasa. Para guru dan ASN juga diwajibkan mulai masuk pada tanggal tersebut.

"Guru juga sudah mulai masuk karena proses belajar mengajar dimulai, bagi guru yang tidak masuk maka akan ada sanksi sesuai aturan disiplin ASN," ujarnya.

--

Dapatkan update berita Padang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Dua Ribu Anak di Padang Terindikasi Stunting
Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mencatat terjadinya kenaikan penumpang pada arus balik Lebaran 2024 pada 13 April 2024 (H+2) dan
H+4 dan H+5 Lebaran, Sekitar 6000 Pemudik Tinggalkan Sumbar Melalui BIM
Jalur satu arah atau one way di rute Padang-Bukittinggi mulai dilaksanakan besok, Minggu (7/4/2024). One way ini akan digelar hingga 15
Rute One Way Arus Balik Padang - Bukittinggi Berubah
Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Padang Panjang melakukan penutupan jalur alternatif Padang-Bukittinggi yang melewati Batu Palano bagi kendaran roda empat.
Hari Ini, Sistem One Way Padang-Bukittinggi Diberlakukan Lebih Cepat
Pengerukan Sedimen Lahar Dingin di Aia Angek Tuntas, Cukup Aman Dilalui Bila ke Bukittinggi
Pengerukan Sedimen Lahar Dingin di Aia Angek Tuntas, Cukup Aman Dilalui Bila ke Bukittinggi