Tiap Ramadan, Dua Pasar Pabukoan di Pariaman Ini Ramai Pengunjung

Tiap Ramadan, Dua Pasar Pabukoan di Pariaman Ini Ramai Pengunjung

Salah satu pasar pabukoan di Kota Pariaman. [Foto: Kominfo]

Berita Kota Pariaman - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Tiap Ramadan, Dua Pasar Pabukoan di Pariaman Ini Ramai Pengunjung.

Langgam.id - Setiap bulan Ramadan, dua pasar pabukoan di Kota Pariaman ini selalu ramai pengunjung. Begitu juga sepekan terakhir selama pelaksanaan ibadah puasa tahun 2022.

Dua pusat menu pabukoan yang mudah diakses ialah Pasar Pabukoan Pariaman dan Pasar Pabukoan Balai Kuraitaji. Pasar pabukoan itu sudah berlangsung sejak lama.

Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa, tentunya akan mencari takjil untuk menu berbuka puasa. Apalagi jika mereka tidak memiliki kesempatan untuk memasak karena berbagai macam kesibukan.

Di dua pasar pabukoan tersebut, sering dikunjungi oleh pegawai pemerintah dan BUMD yang tidak sempat memasak makanan persediaan berbuka puasa. Seperti salah seorang PNS di Kota Pariaman Ani.

Keberadaan pasar takjil, katanya, sangat membantunya memperoleh menu berbuka puasa. "Kami merasa sangat terbantu. Sambil pulang kerja langsung bisa mampir ke sini," katanya, Kamis (7/4/2022).

Sebab, jadwal kerja selama bulan puasa berlangsung dari pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 15.00 WIB sore. Terkadang masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan melewati waktu tersebut.

"Maka alternatif saya langsung menuju pasa pabukoan ini, untuk menu buka puasa keluarga," katanya dikutip dari pariamankota.go.id.

Penjual pabukoan di kawasan Balai Kuraitaji Irma mengatakan, setiap hari berjualan selama bulan Ramadan. Dagangannya selalu habis.

Menurutnya, sebagian besar pembeli merupakan pegawai dan masyarakat yang tidak sempat menyiapkan menu buka puasa.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengimbau masyarakat yang ingin membeli menu buka puasa, dapat datang ke dua lokasi pasa pabukoan yang ada di Kota Pariaman itu. "Pasa pabukoan ini telah berlangsung lama, sejak pasar tersebut ada," katanya.

Kepada para penjual menu buka puasa di Kota Pariaman, Genius mengimbau untuk tetap memperhatikan jenis-jenis makanan dan minuman yang dijual, dan harus dikemas secara sehat dan higienis.

Setiap harinya, Pemko Pariaman bersama jajaran Polres Pariaman dan Kodim 0308 Pariaman menyiapkan petugas pengamanan dan pengatur lalu lintas di dua lokasi pasar pabukoan tersebut.

Baca juga: Kota Padang Panjang Operasikan 7 Pasar Pabukoan Selama Ramadan, Ini Lokasinya

"Disamping makanan itu sehat, berdaya manfaat untuk para penikmatnya, juga berkah untuk para penjualnya," kata Genius.

Dapatkan update berita Kota Pariaman – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum
KY Fokuskan Pemantauan Sidang Perempuan Berhadapan dengan Hukum