The 2nd Annual International Conference of Imam Bonjol Library, Meningkatkan Kualitas Manajemen Perpustakaan

InfoLanggam - Acara pembukaan The 2nd Annual International Conference of Imam Bonjol Library disambut dengan antusias oleh para akademisi, praktisi perpustakaan, dan peneliti, Senin (6/5/2024).

Acara ini mengambil tema utama “Knowledge Management in the Academic Library”, yang bertujuan untuk menjembatani kolaborasi antara perpustakaan akademis dalam mengelola dan memanfaatkan pengetahuan secara efektif.

Acara yang diadakan secara di ZHM Premiere Hotel Padang ini menyediakan platform bagi para ahli dan praktisi perpustakaan untuk berbagi pengalaman, penelitian terkini, dan strategi terbaik dalam mengelola informasi dan pengetahuan di lingkungan akademis.

Dalam laporannya, Kepada Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang, Resty Jayanti Fakhalina, yang bertindak sebagai Ketua pelaksana menyampaikan kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi para pustakawan dalam manajemen dan tata kelola perpustakaan berbasis digital. Kegiatan ini diikuti oleh para akademisi, libararian dalam dan luar negeri.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. Yasrul Huda, M.A. Dalam sambutannya beliau menyatakan, “Tema konferensi ini sangat relevan mengingat peran penting perpustakaan dalam mendukung pembelajaran, penelitian, dan inovasi di institusi pendidikan.”

Diskusi dan presentasi pada konferensi ini mencakup berbagai topik penting, termasuk pengembangan koleksi digital, strategi pelayanan pelanggan, integrasi teknologi dalam sistem perpustakaan, dan pentingnya kolaborasi antarperpustakaan.

Para peserta juga berkesempatan untuk mendengarkan pandangan dari beberapa keynote speaker ternama dalam bidang manajemen pengetahuan dan perpustakaan akademis.

Ghazali Mohamed Fadzilah, President of Library Association Malaysia, yang menjadi salah satu speaker, menyampaikan bahwa pengelolaan pengetahuan di perpustakaan akademis bukanlah sekadar tentang penyimpanan dan akses informasi, tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan penelitian yang berkelanjutan.

Selama dua hari konferensi ini akan berlangsung. Para peserta akan terlibat dalam sesi diskusi, workshop, dan presentasi untuk bertukar ide dan pengalaman dalam upaya meningkatkan praktik pengelolaan pengetahuan di perpustakaan akademis mereka masing-masing.

Di tengah-tengah perkembangan teknologi informasi yang pesat, konferensi ini menjadi forum yang penting untuk membahas tantangan dan peluang dalam mengelola pengetahuan dalam era digital.

Diharapkan bahwa hasil dari konferensi ini akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan efektivitas perpustakaan akademis sebagai pusat pengetahuan dan pembelajaran pada era modern di UIN Imam Bonjol Padang. (*)

Baca Juga

Sebagai penyenggara ibadah haji, Kementerian Agama Republik Indonesia terus berbenah setiap tahunnya dalam memberikan pelayanan terbaik bagi
Continuous Performance Improvement: Kemenag RI Lahirkan Inovasi Digital dalam Layanan Haji 2024
Kementerian Agama terus berbenah untuk memberikan layanan terbaik bagi para jemaah haji. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan
Komitmen Kemenag Meningkatkan Layanan Haji
Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Imam Bonjol Padang menggelar acara Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Pedoman Kegiatan.
LPM UIN Imam Bonjol Padang Gelar FGD Penyusunan Pedoman Kegiatan
Lembaga Penjamin Mutu Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pelaksana Mutu Internal
LPM UIN IB Padang Gelar Workshop Peningkatan Kompetensi Pelaksana Mutu Internal
Sebanyak 20 mahasiswa terpilih ajang Student of Imam Bonjol Academic Community – Smart Internship Program (SIBac-sip) 2024.
20 Mahasiswa UIN IB Padang Lolos SIBac-sip 2024, Bakal Berangkat ke Turki dan Australia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang mengadakan workshop untuk peningkatan layanan fakultas. Kegiatan ini dibuka oleh
FEBI UIN Imam Bonjol Padang Adakan Workshop Peningkatan Layanan Fakultas