Tersandung Gugatan NasDem, KPU Padang Tetapkan Calon Terpilih Agustus Mendatang

Tersandung Gugatan NasDem, KPU Padang Tetapkan Calon Terpilih Agustus Mendatang

Komisioner KPU Padang periode 2019-2024 (ist)

Langgam.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menjadwalkan penetapan calon anggota DPRD Kota Padang terpilih untuk periode 2019-2024, Agustus mendatang.

Ketua KPU Kota Padang Riki Eka Putra mengatakan, ada dua penepatan yang akan dilakukan pada bulan Agustus itu. Pertama, menetapkan jumlah perolehan kursi masing-masing partai politik (parpol) dan penetapan nama-nama calon terpilih sesuai dapil.

Seharusnya, lanjut Riki, jika tidak ada permohonan sengketa hasil yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh peserta pemilu, maka penetapan paling lambat dilakukan tanggal 4 Juli 2019.

“Jika ada permohonan sengketa hasil, maka penetapan calon terpilih dilakukan tiga hari paling lambat setelah MK memutuskan permohonan itu ditolak," kata Riki saat dihubungi langgam.id, Jumat (31/5/2019).

Saat ini, KPU Padang mendapatkan laporan satu gugatan dari Partai NasDem. Partai besutan Surya Paloh ini menggugat untuk hasil Pemilu di Dapil 1 Kota Padang.

“Potensi gugatan partai lain tergantung waktu. Sebab, pukul 00.00 WIB nanti malam, proses permohonan gugatan berakhir. Besok tidak bisa lagi,” katanya.

Menurut Riki, NasDem mempermasalahkan dugaan kehilangan suara partai sebesar 611 suara di Dapil 1 Padang. Pihaknya pun mengaku telah siap menghadapi gugatan tersebut di tingkat MK.

Dengan adanya satu gugatan tersebut, besar kemungkinan penetapan calon terpilih pada Agustus 2019 mendatang. “Tapi tanggalnya kapannya belum jelas. Tergantung proses di MK nanti,” tutupnya. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

10 Kandidat Lolos Seleksi Calon Anggota KPU Padang
10 Kandidat Lolos Seleksi Calon Anggota KPU Padang
Tim Seleksi mengumumkan 10 nama-nama calon anggota KPU Kota Padang Periode 2024-2029. Ke-10 nama-nama calon anggota KPU Kota Padang yang lolos hasil seleksi itu
Timsel Umumkan 10 Calon Anggota KPU Kota Padang Hasil Seleksi
Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kota Padang sudah selesai dilaksanakan KPU Kota Padang pada Minggu lalu
Ini Daftar Caleg Peraih Kursi DPRD Padang Dapil 4 Bungus-Lubeg
KPU Kota Padang telah melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kota Padang pada Minggu lalu (3/3/2024)
Daftar 6 Caleg Peraih Kursi DPRD Padang Dapil 3 Pauh-Luki Versi Hasil Pleno KPU
KPU Kota Padang sudah selesai melaksanakan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat Kota Padang di Rocky Hotel Padang.
Berikut Perolehan Suara Sah Partai Politik pada Pemilihan Anggota DPRD Padang, PKS Teratas
Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra mengatakan, bahwa pihaknya sudah membuka pendaftaran pemantau pemilihan Pilwako
KPU Buka Pendaftaran Pemantau Pilwako Padang 2024, Ini Syaratnya