Terapkan Green Port, IPC Sediakan Fasilitas Shore to Ship di Pelabuhan Tanjung Priok

Terapkan Green Port, IPC Sediakan Fasilitas Shore to Ship di Pelabuhan Tanjung Priok

PT Pelindo II atau IPC menyediakan fasilitas shore to ship di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Foto: dok IPC)

Langgam.id - PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)/IPC menyiapkan layanan shore to ship (STS) di Pelabuhan Tanjung Priok untuk mewujudkan pelabuhan yang ramah lingkungan (green port). Dengan adanya fasilitas STS, kapal yang bersandar di pelabuhan bisa mengganti penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan memanfaatkan energi listrik yang disediakan di dermaga. 

“Kami mengajak para pemilik kapal (shipping ownerterlibat mewujudkan pelabuhan ramah lingkungan, dengan memanfaatkan tenaga listrik dari darat untuk kebutuhan listrik kapal saat bersandar. Konversi dari BBM ke energi listrik selama kapal berlabuh  akan mengurangi emisi gas buang dari mesin kapal,” kata Wakil Direktur Utama IPC, Hambra di Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Secara bertahap IPC mengkonversi berbagai peralatan yang semula menggunakan BBM menjadi mesin bertenaga listrik, seperti Container Crane (CC) dan Gantry Luffing Crane (GLC). Upaya ini akan menghemat biaya operasional terkait penggunaan BBM dan menekan biaya pemeliharaan mesin. 

Hambra menjelaskan, pada tahap awal IPC bersama anak perusahaannya, PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI) mengembangkan fasilitas shore to ship di Dermaga Petikemas Domestik, Pelabuhan Tanjung Priok. Secara bertahap, fasilitas STS akan dipasang di seluruh pelabuhan yang dikelola IPC.  

Fasilitas ini didesain untuk menggantikan sumber energi kapal yang sebelumnya menggunakan BBM menjadi sumber energi listrik. Kelebihan fasilitas yang disiapkan saat ini adalah multi frekuensi (50Hz dan 60Hz) dan multi tegangan (380V, 400V, 440V, 45V0, 460V). Fasilitas ini juga dapat menjamin keamanan jaringan dan peralatan listrik di dalam kapal dengan menggunakan trafo isolasi 

Fasilitas shore to ship dilengkapi dengan mobile converter yang dapat mengikuti lokasi sandar kapal. Desain ini dipilih karena menyesuaikan dengan kebutuhan kelistrikan di dalam kapal yang memiliki keragaman frekuensi listrik.

Standar frekuensi listrik di Indonesia adalah 50Hz dan tegangan yang disalurkan secara umum 220V/380V.  Untuk mendukung pemakaiannya, IPC menyiapkan 2 unit konverter frekuensi, sehingga dapat melayani 2 kapal sandar secara bersamaan. (Rls/HFS)

Baca Juga

Ekspor Karet Sumbar
Pelindo Ganti Pejabat Manager Area Pelabuhan, Termasuk Teluk Bayur
Perkuat Konektivitas Indonesia, Pelindo Layani Kapal Besar Kapasitas 14 Ribu TEU
Perkuat Konektivitas Indonesia, Pelindo Layani Kapal Besar Kapasitas 14 Ribu TEU
GM Pelindo: Aktivitas di Pelabuhan Teluk Bayur Mulai Meningkat
GM Pelindo: Aktivitas di Pelabuhan Teluk Bayur Mulai Meningkat
Berkah Ramadan, IPC TPK Berbagi Sembako dengan Karyawan Pelabuhan
Berkah Ramadan, IPC TPK Berbagi Sembako dengan Karyawan Pelabuhan
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: PT Pelindo melakukan penandatanganan pakta integritas bersama unsur maritim Teluk Bayur.
Wujudkan Pelabuhan Teluk Bayur Bersih dari Pungli dan Korupsi Melalui Pakta Integritas
Langgam.id-khitanan
Khitanan Massal PT Pelindo II Teluk Bayur Diikuti Ratusan Anak