Tebing Retak Awal Petaka Longsor yang Menimbun 2 Korban di Padang

Tebing Retak Awal Petaka Longsor yang Menimbun 2 Korban di Padang

Longsor di area penambangan tanah clay di  Gunung Sariak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. (Foto: Irwanda)

Langgam.id - Dua orang pekerja di kawasan penambangan tanah clay di  Gunung Sariak, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) tertimbun longsor. Satu orang pekerja dinyatakan meninggal dunia dan satu orang lainnya masih dalam proses pencarian.

Peristiwa longsoran tanah clay ini terjadi pada Kamis (14/11), sekitar pukul 13.30 WIB. Korban yang dinyatakan meninggal dunia bernama Sukri (50) yang bekerja sebagai sopir truk. Sedangkan korban yang masih dalam pencarian bernama Arif Rahman Hakim (22). Ia merupakan operator alat berat excavator.

Koordinator Rescue Basarnas Padang, Agus Saputra, mengatakan peristiwa ini terjadi saat para pekerja sedang melakukan aktivitas pertambangan. Kemudian, muncul retakan tanah di tebing hingga menimbulkan longsor dan menimbun para pekerja.

"Operator excavator sedang memasukkan tanah ke truk. Lalu muncul retakan tanah di tebing yang kemudian menimbulkan longsor dengan luas area 25 meter persegi," ujarnya.

Proses pencarian setidaknya melibatkan empat alat berat excavator. Titik fokus pencarian pun dilakukan sejauh radius 10 meter dari area reruntuhan material longsor.

"Informasi dari rekan sesama pekerja, korban (Arif) tertimbun masih sekitar alat berat miliknya," tutur Ryan. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Kerugian akibat bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Pessel, Sumatra Barat (Sumbar), beberapa waktu lalu mencapai Rp1 triliun.
Kerugian Banjir dan Longsor di Pessel Capai Rp1 Triliun, Pemkab: Pendataan Terus Dilakukan
Musibah longsor terjadi di tapian Danau Singkarak, tepatnya di daerah Tonggak Tujuah Kubangan, Nagari Kacang, Kabupaten Solok pada
Longsor di Tepian Danau Singkarak, Jalan Padang Panjang-Solok Tak Bisa Dilewati
Masa Tanggap Darurat Bencana di Pesisir Selatan Diperpanjang 14 Hari
Masa Tanggap Darurat Bencana di Pesisir Selatan Diperpanjang 14 Hari
Jalur lintas Padang-Painan lumpuh total akibat adanya longsor Kecamatan Koto XI Tarusan. Tidak itu saja, lintas Padang-Bengkulu sementara
Jalur Lintas Padang-Painan Lumpuh Total, Padang-Bengkulu Tak Bisa Dilalui
Pemko Padang Gelar Pelatihan Public Speaking, Perkuat Tenaga Pendamping UKM
Pemko Padang Gelar Pelatihan Public Speaking, Perkuat Tenaga Pendamping UKM
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya