TdS Etape 8: Sungai Penuh - Pesisir Selatan, Tur Panjang Lintas Provinsi

TdS Etape 8: Sungai Penuh - Pesisir Selatan, Tur Panjang Lintas Provinsi

Pembalap Tour de Singkarak 2019 di etape 8. (Foto: Tim Media TdS 2019)

Langgam.id - Tour de Singkarak memasuki etape kedelapan, Sabtu (9/11/2019). Sebanyak 74 pembalap yang tersisa akan menjajal rute sepanjang 212.9 kilometer dan melintas batas Provinsi Jambi dengan Sumatra Barat.

Etape ini dimulai dari Kota Sungai Penuh, Jambi, menuju Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Hasil hari ini akan krusial, karena menentukan peta persaingan di rute pamungkas yang akan digelar pada Minggu (10/11/2019).

Dari Lapangan merdeka (Sungai Penuh), seluruh pembalap akan melewati sejumlah kawasan. Yakni, Desa Debai, Sungai Ning, Tapan, Bukit Buai dan Koto Panai. Lalu, Kambang dan Bukit Pulai, sebelum finis di Alun-alun Kota Painan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Sejak etape 1 hingga 7, pembalap Australia Jesse Ewart masih konsisten mempertahankan yellow jersey alias total waktu tercepat. Menempuh jarak 1.058,2 kilometer di 7 etape itu, pembalap dari Sapura Cycling Team (Malaysia) ini, mencatatkan waktu 26 jam, 43 menit, 26 detik.

Ewart hanya selisih 1 menit 4 detik dari rekan setimnya Cristian Raileanu. Dengan Golakhour Mirsamad Pourseyedi dari Omidnia Marshhad Team yang berada di urutan ketiga, Ewart terpaut 3 menit 24 detik lebih cepat.

Ewart yang meraih yellow jersey pada TdS 2018, bisa mempertahankan gelar tersebut di 2019 ini bila konsisten menjaga waktunya di etape 8 dan 9. Ia memang hanya paling cepat di etape 1 dan 2. Namun, di etape 3 sampai 7, Ewart sanggup menjaga waktu tak terpaut jauh dari pemenang etape yang selalu berganti.

Selain menjadi unggulan kuat untuk kembali meriah yellow jersey TdS 2019, Ewart masih konsisten mempertahankan green jersey. Ia masih jadi pembalap tercepat untuk kategori Best Sprinter's Classification TdS yang ditentukan titiknya tiap etape.

Untuk etape ini, tiga titik sprint masing-masing di Tapan, Koto Panai, Pasar Kambang. Sementara, titik King Of Mountain (KOM) di Sungai Ning, Bukit Buai dan Bukit Pulai.

Sebelumnya, pada etape 7 yang mengambil rute Kayu Aro-Kerinci, Pembalap Iran Mohammad GanjkhanLou menjadi yang tercepat. Ia mencatatkan waktu 1 jam 50 menit 6 detik, disusul pebalap dari Sapura Cycling Team bernama Akmal Hakim Zakaria di urutan kedua dengan catatan sama dan Jesse Ewart dari Sapura Cycling Team diurutan Ketiga. (*/Osh/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Setelah sempat tertunda selama dua tahun akibat Pandemi Covid-19, TdS Connecting Sumatra batal lagi dan direncanakan 2023.
Masih Was-was Pandemi, TdS Connecting Sumatra Batal Digelar Tahun Ini
Langgam.id-TdS 2021
Dana TdS 2021 Sudah Terpakai Meski Iven Batal, Dispar: Belum Dihitung Jumlahnya
Langgam.id-TdS 2021
TdS 2021 Batal, Dispar Sumbar Kirim Surat ke PB ISSI dan Kemenparekraf
Tak Dapat Rekomendasi, Tour de Singkarak 2021 Dibatalkan
Tak Dapat Rekomendasi, Tour de Singkarak 2021 Dibatalkan
Langgam.id-TdS 2021
Persiapan Terus Berjalan, Kepastian TdS 2021 Tunggu Rekomendasi Satgas Covid-19
Langgam.id-Tour de Singkarak
Masih Pandemi, Pemko Padang Batalkan Keikutsertaan di TdS 2021