Tanggul Banjir Batang Tapan Disulap Jadi Destinasi Wisata Air Nabita

Tanggul Banjir Batang Tapan Disulap Jadi Destinasi Wisata Air Nabita

Pengerjaan tanggul banjir Batang Tapan sebelum jadi destinasi wisata bernama Nabita. [Foto: Dok. Pemda Pessel]

Langgam.id - Tanggul banjir Batang Tapan yang terletak di Pesisir Selatan disulap jadi lokasi wisata. Destinasi yang dinamai Wisata Air Nabita itu diresmikan langsung Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Peresmian dilakukan Gubernur saat melakukan peninjauan proyek pembangunan tanggul banjir Batang Tapan yang terletak di Nagari Binjai Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Minggu (22/1/2023). Proyek pembangunan saat ini tengah berlangsung.

"Sedang dalam pengerjaan. Namun karena pemandangannya yang indah, lokasi tersebut banyak dikunjungi masyarakat untuk berwisata," kata Mahyeldi.

Selain mengantisipasi banjir, lanjutnya, pembangunan tanggul membawa berkah lain, yakni destinasi wisata. Pemandangan di sana diakui bagus, potensi pariwisata sangat terbuka.

"Apalagi daerah ini adalah segitiga emas jalur ekonomi antara Kabupaten Pesisir Selatan, Sungai Penuh dan Muko-Muko. Kita tinggal menjaga agar tetap nyaman untuk dikunjungi," katanya.

Camat Ranah Ampek Hulu Tapan Agnes Dheno Arnas mengatakan, Wisata Air Nabita cukup ramai dikunjungi ketika akhir pekan. Selain masyarakat sekitar, pengunjung juga berasal dari beberapa daerah tetangga seperti Kabupaten Muko-muko, Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh.

Pesan Gubernur, jaga kebersihan, kenyamanan, keamanan serta kelestarian lingkungan.

Sisi lain, Gubernur menuturkan, sepanjang tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) telah menormalisasi sungai dengan total sepanjang 6,4 km. Normalisasi Batang Tapan termasuk diantaranya.

Sedangkan untuk desa wisata, menurut data Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat tahun 2022, di Kabupaten Pesisir Selatan ada sebanyak 30 desa wisata dengan rincian kategori status rintisan 28 desa dan berkembang 2 desa.

Baca Juga: Kementerian PUPR Alokasikan Rp40 Miliar Bangun Tanggul di Sungai Batang Tapan

"Pemprov Sumbar terus berupaya membangun fasilitas infrastruktur, apalagi pada daerah rawan bencana, kami sangat serius," ungkap Gubernur Mahyeldi.

Tag:

Baca Juga

Senat UIN Imam Bonjol Padang melakukan kunjungan silaturahmi ke UIN Sumatra Utara (UINSU) Medan pada Jumat (17/5/2024).
Jalin Kolaborasi, Senat UIN Imam Bonjol Padang Kunjungi UIN Sumatra Utara
Bangunan liar (bangli) di Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, kedapatan masih berdiri di atas drainase. Padahal
Tak Tepati Janji, Bangunan Liar di Sawahan Dibongkar Satpol PP Padang
Bagi orang tua yang mau memasukkan anaknya di sekolah negeri di Padang, baik SD maupun SMP, mulailah bersiap-siap dari sekarang. Sebab bulan
PPDB Online SD dan SMP di Padang Kapan Buka? Berikut Jadwal, Tahapan dan Syaratnya
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Gubernur Sumbar Terima Bantuan Bencana dari FK IJK Senilai Rp837 Juta
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Maju Cagub Sumbar, Epyardi Asda Inginkan Ade Rezki Pratama Jadi Wakilnya
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal
Membangun Fondasi Kuat Perencanaan Humas Sebagai Strategi Mencapai Kesuksesan yang Optimal