Berladang Ganja, Petani di Agam Diringkus Polisi

Berladang Ganja, Petani di Agam Diringkus Polisi

Petani pemilik ladang ganja dibekuk polisi (Foto: Humas Polres Agam)

Langgam.id - Kedapatan menanam ganja, seorang petani berinisial M (42) diringkus jajaran Polres Agam. Ladang ganja yang berada diperkebunan cabai yang luasnya mencapai setengah hektar itu ditemukan di Jorong Muko-muko, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Keberadaan kebun ganja yang hampir panen dan telah berusia enam bulan itu terungkap pada Senin (22/7/2019) dinihari. Sedikitnya, 24 batang tanaman ganja diamankan polisi bersama pemilik ladang.

Kapolres Agam AKBP Ferry Suwandi mengatakan, pelaku menanam pohon ganja secara menyebar di lahan seluas hampir setengah hektar itu. Agar tidak ketahuan, pelaku juga menanam cabai di areal tersebut.

"Pelaku mengkamuflasekan tanaman ganja dengan tanaman cabai. Hal itu untuk mengelabui agar tidak ketahuan," kata Ferry saat menggelar konfrensi pers, Selasa (23/7/2019).

Dari hasil pemeriksaan sementara, diketahui pelaku mendapat bibit ganja dari Aceh. Dari penanaman bibit ganja itu, beberapa batang pohon ganja sudah bisa dipanen karena telah mencapai tinggi sampai dua meter.

"Jadi sebelum ditemukan kebun ganja ini, M sudah ditangkap sebelumnya dengan kepemilikan satu paket ganja. Nah, dari hasil pengembangan kasus terungkaplah ada kebun ganja ini," katanya.

Ferry menegaskan kasus ini masih dalam tahap pengembangan. Ia mengatakan akan terus melakukan penyelidikan terhadap jaringan pelaku. Sementara untuk barang bukti dan pelaku telah diamankan di Mapolres.

"Pelaku bisa dikenakan pasal 111 ayat 1 jounto pasal 114 ayat 1 undang-undang nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Pelaku bisa diancam lebih 20 tahun penjara," tegasnya. (Irwanda/RC)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Diduga sebagai pengedar sabu, tiga orang pria ditangkap Tim Spider Sat Resnarkoba Polres Solok, Kamis (14/9/2023) sekitar pukul 23.00 WIB.
3 Pengedar Sabu di Kabupaten Solok Ditangkap Polisi
Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Agam menangkap seorang nelayan berinsial NO, warga Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam,
Sempat Kabur, Seorang Nelayan di Agam Ditangkap Polisi Karena Narkoba
Tim Phantom Sat Narkoba Polres Payakumbuh menangkap empat orang laki-laki diduga terkait tindak pidana narkotika jenis ganja pada Kamis
Diduga Transaksi Ganja, 4 Orang Ditangkap Polres Payakumbuh
Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah III Sumbar akan menggelar Festival Danau Maninjau-Kelok 44 (FestDaMa-Kelok 44) tahun 2023
Festival Danau Maninjau-Kelok 44 Bakal Digelar 16-18 September, Ini Rangkaian Kegiatannya
Digandeng Pitaloka Foundation-FEMA IPB Bogor, Nagari Panampuang Miliki Data Presisi
Digandeng Pitaloka Foundation-FEMA IPB Bogor, Nagari Panampuang Miliki Data Presisi
470 ASN di Agam Terima Satylencana
470 ASN di Agam Terima Satylencana