Tahun Ini, QRIS Bank Nagari Bisa Digunakan Bertransaksi di Luar Negeri

Tahun Ini, QRIS Bank Nagari Bisa Digunakan Bertransaksi di Luar Negeri

Poster QRIS Nagari Gaul. (Foto: banknagari.co.id)

Langgam.id - PT Bank Nagari terus melakukan pengembangan produk digital untuk melayani kebutuhan transaksi nasabahnya. Salah satunya, dengan jangkauan transaksi yang lebih luas.

Manajemen bank milik Pemprov Sumbar dan pemda se Sumbar itu menargetkan layanan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) bank tersebut bisa digunakan bertransaksi di luar negeri seperti di Malaysia dan Thailand.

"Untuk QRIS di luar negeri ini segera mungkin bisa kami selesaikan dalam triwulan pertama tahun 2022 sehingga nasabah yang menggunakan QRIS bisa bertransaksi di Malaysia dan Thailand tanpa harus menukarkan mata uang negara tersebut," kata Sania Putra, Direktur Keuangan Bank Nagari, dikutip Langgam, Rabu (23/2/2022).

Ia mengatakan, tahun ini Bank Nagari bakal melakukan sejumlah pengembangan produk dan layanan digital guna meningkatkan pelayanan. Jargon yang diusung tahun 2022 ini adalah Nagari Gaul (gampang, aman, untung, lancar).

Layanan QRIS, untuk Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Nagari juga sudah menghadirkan aplikasi donasi untuk masjid dan musala dengan menggunakan QRIS yang dibungkus 1 aplikasi di mana masyarakat dari mana pun bisa berdonasi pada tempat ibadah yang diinginkan.

"Aplikasi tersebut kami beri nama Nagari Digital Masjid. Aplikasi ini sudah bisa didownload atau diunduh di Playstore," ujarnya.

Dijelaskan Sania, untuk menambah layanan kepada nasabah, pihaknya memperkuat layanan digital dengan meningkatkan beberapa fitur termasuk melakukan up-grade terhadap mobile banking dan Nagari Cash Management (NCM).

"Mudah-mudahan kedua up-grade fitur ini bisa diluncurkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Nagari ke 60 tahun pada bulan Maret 2022 nanti," katanya.

Sania mengungkapkan, nantinya akan banyak fitur-fitur baru di mana nasabah bisa melakukan transaksi sendiri baik untuk menambah rekening, memblokir kartu, transaksi-transaksi pembayaran seperti Dana, OVO, Gopay, dan lainnya.

"Harapannya adalah nasabah akan terlayani dan mendapatkan layanan-layanan yang baru dari Bank Nagari khususnya produk digitalnya," ungkapnya.

Lebih lanjut Sania menjelaskan, beberapa waktu yang lalu pihaknya juga baru saja meluncurkan Layanan Call Center dengan nama Nagari Call 150234. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk bagaimana memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah Bank Nagari dalam mendapatkan informasi.

Sementara itu, untuk layanan transaksi, Bank Nagari sudah mengembangkan ATM giro khususnya giro perorangan yang bisa melakukan penarikan melalui kartu ATM giro di mesin ATM Bank Nagari. Ke depan banyak lagi layanan digital yang terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah.

Selanjutnya, dalam rangka memperkuat sinergi dengan Pemda, Bank Nagari juga memperluas layanan digitalnya melalui implementasi N-Retribusi, baik itu untuk pajak daerah, objek wisata, KIR kendaraan dan penerimaan daerah lainnya.

"Bank Nagari siap untuk mengembangkan transaksi digital yang dibutuhkan pemda dan dibekali dengan suatu dashboard aplikasi yang bisa dipantau secara realtime oleh pemangku kepentingan di daerah seperti kepala daerah dan OPD terkait," sebutnya.

Adapun, rata-rata transaksi digital Bank Nagari sepanjang 2021 lewat NCM berkisar Rp664 miliar per bulan, SMS banking mencapai rerata Rp8,5 miliar per bulan, dan mobile banking mencapai Rp574 miliar per bulan.

 

Dapatkan update berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Ollin by Nagari Raih The 2nd Best Mobile Banking Infobank Award
Ollin by Nagari Raih The 2nd Best Mobile Banking Infobank Award
Bank Nagari Salurkan Bantuan Pakaian Layak untuk Korban Banjir Pessel
Bank Nagari Salurkan Bantuan Pakaian Layak untuk Korban Banjir Pessel
Jabatan Gusti Chandra sebagai Direktur Kredit dan Syariah merangkap tugas Pjs Direktur Utama (Dirut) dan seluruh Direksi Bank Nagari,
Pansel Umumkan 11 Nama Lulus Seleksi Calon Komisaris Bank Nagari
Waspadai Modus Phising dan Soceng, Bank Nagari Ingatkan Potensi Kejahatan Transaksi Digital
Waspadai Modus Phising dan Soceng, Bank Nagari Ingatkan Potensi Kejahatan Transaksi Digital
Transaksi Lewat QRIS di Sumbar Diprediksi Meningkat Selama Ramadan
Transaksi Lewat QRIS di Sumbar Diprediksi Meningkat Selama Ramadan
Bank Nagari Bantu 1.000 Pelaku UMKM di Sumbar Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan
Bank Nagari Bantu 1.000 Pelaku UMKM di Sumbar Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan