Tahapan Pilwako Padang Resmi Diluncurkan, Pj Wako Ajak Semua Pihak Sukseskan

Tahapan Pilwako Padang Resmi Diluncurkan, Pj Wako Ajak Semua Pihak Sukseskan

Peluncuran tahapan Pilwako Padang 2024. (Foto: Prokopim Padang)

Langgam.id - Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang Periode 2024-2029, resmi diluncurkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang di Hotel Truntum, Senin (10/6/2024) malam.

Peluncuran tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) bagi Kota Bengkuang ini ditandai dengan penabuhan gendang oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar bersama Ketua KPU Kota Padang Dorri Putra, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang Eris Nanda dan unsur Forkopimda Kota Padang.

Hadir di kesempatan itu Pj Sekda Kota Padang Yosefriawan bersama sejumlah pimpinan OPD terkait, serta Camat dan Lurah se-Kota Padang. Selain itu juga terlihat sejumlah pimpinan partai politik, Ormas/OKP, serta elemen masyarakat Kota Padang.

Pj Wako Padang menyampaikan, Pemerintah Kota Padang siap mendukung penuh kelancaran pilkada Kota Padang 2024 dengan semua tahapannya yang resmi dilaunching hari ini.

"Kita berharap, seluruh elemen dan warga Kota Padang terlibat aktif menyukseskan pesta demokrasi untuk menentukan pemimpin Kota Padang lima tahun ke depan ini. Terutama bagi yang masuk ke dalam daftar pemilih tetap (DPT), jangan lupa gunakan hak pilihnya ke tempat pemungutan suara (TPS) 27 November 2024 nanti," harapnya.

Andree menyebutkan, sebagai bentuk dukungan yang riil bagi prosesi pilkada Kota Padang 2024, Pemerintah Kota Padang telah memberikan dana hibah kepada KPU dan Bawaslu Kota Padang.

"Kita telah menyerahkan dana hibah bagi KPU sebesar Rp 46 miliar dan Bawaslu sebanyak Rp 10,7 miliar. Semuanya tertuang di dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang ditandatangani beberapa waktu lalu," sebutnya.

Dukungan selanjutnya tambah Pj Wako Padang, ia juga telah meminta OPD terkait serta semua Camat dan Lurah untuk bekerja 'all out' memfasilitasi kelancaran seluruh tahapan pilkada sampai di hari pencoblosan dan pemungutan suara.

"Saya telah minta Camat dan Lurah untuk selalu berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dalam menyukseskan kelancaran pilkada."

"Mari kita wujudkan pilkada Kota Padang yang berkualitas dengan suasana damai, sejuk dan penuh kegembiraan. Kepada seluruh ASN saya harap menjaga netralitas, dan bagi tim pemenangan pasangan calon (paslon) silakan saling adu ide dan gagasan bukan adu domba. Begitu juga dalam pemasangan alat peraga kampanye (APK), harus sesuai dengan aturan yang ditentukan," pungkas Pj Wako mengingatkan.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Padang Dorri Putra mengatakan, Hari H untuk Pilwako Padang 2024 tinggal 171 hari lagi, masa kampanye 108 hari lagi dan penetapan paslon 104 hari lagi.

"Sebagai tahapan penyelenggaraan pilkada Kota Padang 2024 kita telah membentuk badan Ad Hoc tingkat kecamatan dan kelurahan. Selain itu merekrut 55 tenaga PPK dari 11 kecamatan dan 312 PPS bagi 104 kelurahan di Kota Padang. Pada tanggal 13 Juni 2024 nanti kita akan mengumumkan perekrutan 2.584 tenaga Pantarlih. Mereka akan bekerja membantu kita dalam pemutakhiran data pemilih," sebutnya. (*/Fs)

Baca Juga

Anggota DPRD Sumatra Barat (Sumbar), Hidayat, resmi mendaftar ke Partai Gerindra sebagai bakal calon kepala daerah di Pilkada Padang.
Hidayat Daftar ke Gerindra untuk Pilkada Padang: Wujudkan Padang Lebih Bergairah
Pilwako Padang: Usung Semangat Perubahan, Ketua GPEI Sumbar Sovia Lorent Daftar ke PKB
Pilwako Padang: Usung Semangat Perubahan, Ketua GPEI Sumbar Sovia Lorent Daftar ke PKB
Pj Wako Andree Algamar: Program Tanggap Bencana di Kota Padang Sudah Diakui Dunia
Pj Wako Andree Algamar: Program Tanggap Bencana di Kota Padang Sudah Diakui Dunia
PKS Sumbar Sebut Ada Upaya Framing Menjatuhkan Elektabilitas Mahyeldi Lewat Kasus Korupsi
PKS Sumbar Sebut Ada Upaya Framing Menjatuhkan Elektabilitas Mahyeldi Lewat Kasus Korupsi
Pemkab Agam menerima bantuan dari BPK RI senilai Rp250 juta. Bantuan itu diberikan untuk pemulihan bencana di Kabupaten Agam
Pemkab Agam Terima Bantuan Rp250 Juta dari BPK RI untuk Pemulihan Bencana
Universitas Negeri Padang (UNP) akan mengirim sebanyak 6.006 mahasiwa ke 12 kabupatan/kota di Sumbar untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN)
UNP Kirim 6.006 Mahasiswa Ikuti KKN di 12 Kabupaten Kota di Sumbar