Tahapan Pemilu Tidak Terganggu, Ketua KPU Pariaman Menerima Putusan DKPP

Tahapan Pemilu Tidak Terganggu, Ketua KPU Pariaman Menerima Putusan DKPP

Ilustrasi - pelanggaran pemilu. (Langgam.id/Pii)

Langgam.id - Ketua KPU Kota Pariaman Abrar Azis menyebutkan menerima keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggaraa Pemilu (DKPP) atas dirinya. Ia sudah berkoordinasi dengan empat komisioner lainnya untuk memastikan tahapan pemilu tidak terganggu.

"Kita sedang menunggu arahan KPU RI untuk melakukan pleno penggantian ketua, kemungkinan dalam minggu ini," kata Abrar, dihubungi, Kamis, (11/4/2019).

Mengenai pencopotan dirinya Abrar dengan lapang hati mengatakan percaya kepada DKPP karena memiliki pertimbangan yg adil dan bijak.

Sebelumnya, Abrar Azis diberhentikan dari jabatan ketua oleh DKPP, sebagai buntut pertemuannya dengan juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Parbowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simajuntak.

Meski hal tersebut diakui sebagai silaturahmi di luar jabatan sebagai Ketua KPU,  DKPP menilai Abrar Aziz telah melanggar prinsip mandiri dan proporsional sebagaimana diatur dalam ketentuan Pasal 8 huruf b, d dan l juncto Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilihan Umum.

Ketua KPU Sumbar Amnasmen dihubungi lewat telpon, Kamis, (11/4/2019) mengatakan pemberhentian Ketua KPU Pariaman sudah menjadi kewenangan dan sudah menjadi keputusan oleh DKPP. Ia juga sudah meminta kepada semua komisioner KPU Pariaman melaksanakan rapat.

"Sudah menjadi kewajiban bagi KPU RI dan teman-teman di KPU Kota Pariaman. Kemarin saya sudah minta kepada teman-teman di Pariaman agar segera melakukan rapat pleno memilih ketua baru," kata Amnasmen.

Amnasmen juga meminta agar KPU Pariaman segera memberikan seluruh administrasi dan berita acara yang berhubungan dengan pemilihan ketua baru kepada KPU Provinsi Sumbar.

"Nanti KPU provinsi akan segera menyampaikan kepada KPU RI. Agar legalitasnya dan SK ketua baru segera dikeluarkan. KPU RI diberikan kewenangan selama satu minggu untuk menyelesaikan itu," kata Amnasmen.

Menurut Amnasmen adanya pencopotan tersebut tidak menganggu jalannya pemilu di Kota Pariaman. Karena Ketua KPU juga merupakan anggota komisioner yang telah memiliki bidang tugas masing-masing. Sehingga, jadi ketua atau tidak akan tetap melaksanakan tugas masing-masing.

"Tidak menganggu, dia hanya diberhentikan sebagai ketua. Fungsi ketua itu kan dua yakni menjadi anggota dan ketua. Ketika diberhentikan sebagai ketua tentu kewenangannya sebagai anggota tidak terganggu," kata Amnasmen. (Rahmadi/Osh/HM)

Baca Juga

Sebanyak 48 kepala desa di Kota Pariaman diperpanjang masa jabatannya dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Penjabat Wali Kota Pariaman,
Masa Jabatan 48 Kepala Desa di Kota Pariaman Diperpanjang
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Pj Walikota Dorong Perbaikan Mentalitas untuk Kejayaan Pariaman
Tradisi Malamang di Pariaman
Tradisi Mauluik di Pariaman: Memperkuat Nilai Agama dan Sosial
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023