Survei SBLF Riset: 3 Kandidat Amankan Kursi DPD dari Sumbar

Survei SBLF Riset: 3 Kandidat Amankan Kursi DPD dari Sumbar

Direktur SBLF Riset, Edo Andrefson (kanan) menyampaikan materinya. Foto: Ist

Langgam.id – Sumatera Barat Leadership Forum (SBLF) Riset menyatakan tiga kandidat yang bersaing memperebutkan kursi DPD RI dari Sumbar sudah dalam posisi aman. Hanya tinggal satu kursi yang menjadi rebutan.

Edo Andrefson, Direktur SBLF Riset mengatakan dari hasil survei lembaganya, sebanyak tiga nama sudah hampir dipastikan duduk sebagai senator asal Sumbar karena mendapatkan suara yang tinggi.

“Ada tiga nama yang potensial terpilih karena memperoleh suara terbanyak, yaitu Emma Yohanna, Muslim M Yatim, dan Leonardy Harmainy,” kata Edo kepada Langgam.id, Senin (22/4/2019).

Hasil survei lembaganya mencatatkan Emma Yohanna mampu meraih 21,99 persen suara, diikuti Muslim M Yatim sebanyak 15,98 persen suara, dan Leonardy Harmaini sebanyak 7,62 persen.

Kemudian untuk kursi keempat akan menjadi rebutan Alirman Sori yang mendapatkan 5,57 persen, Mulyadi Afkar sebanyak 5,45 persen, Desra Ediwan Anantanur sebanyak 4,54 persen dan Yulherman mendapatkan 4,04 persen.

Menurutnya, Emma Yohanna unggul telak di Pasaman dan Pasaman Barat serta juga kompetitif di daerah pemilihan lainnya, sehingga unggul jauh dibandingkan calon lain.

Kemudian, Muslim Yatim unggul di Kota Padang, Padang Panjang, dan Bukittinggi, serta Leonardy mendapatkan banyak suara di Kota Pariaman, Padang Pariaman, Agam, dan Bukittinggi.

Adapun, Emma Yohanna dan Leonardy adalah anggota DPD RI petahana, sedangkan Muslim Yatim sebelumnya anggota DPRD Sumbar.

Edo menyebutkan SBLF Riset melakukan survei dengan metode multistage random sampling dengan mengambil 1.600 sampel, serta margin of error sekitar 2,9 persen.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - DPD Gerindra Sumbar memperkenalkan bakal calon DPD RI, yaitu Nasta Oktavian, anak dari mantan Wagub Sumbar, Nasrul Abit.
Gerindra Sumbar Perkenalkan Anak Almarhum Nasrul Abit untuk Bakal Calon DPD RI
Langgam.id-DPD
Ketua DPD RI Minta Pemerintah Jaga Pertumbuhan Pedagang Eceran
Umrah Dimulai November, Ketua DPD Minta Pemerintah Persiapkan Keberangkatan
Umrah Dimulai November, Ketua DPD Minta Pemerintah Persiapkan Keberangkatan
Kuliah Umum di Unand, Wakil Ketua DPD Ingatkan Kembali Penguatan Poros Maritim
Kuliah Umum di Unand, Wakil Ketua DPD Ingatkan Kembali Penguatan Poros Maritim
mendagri mengunjungi, bantuan kuwait
Gubernur Bertemu Anggota DPR dan DPD Dapil Sumbar di Jakarta
Bertemu Mendag, Ketua DPD Minta Evaluasi Barang Impor
Bertemu Mendag, Ketua DPD Minta Evaluasi Barang Impor