Suprayitno Dilantik Jadi Pj Wali Kota Payakumbuh Gantikan Jasman

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melantik Suprayitno sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh. Pelantikan dilaksanakan di Auditorium

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melantik Suprayitno jadi Pj Wali Kota Payakumbuh. [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melantik Suprayitno sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh. Pelantikan dilaksanakan di Auditorium Gubernuran Sumbar, Senin (27/5/2024) sore.

Suprayitno dilantik menggantikan Jasman yang telah habis masa tugasnya sebagai Pj Wali Kota Payakumbuh.

Pada pelantikan tersebut, Mahyeldi menyampaikan selamat kepada Suprayitno. Ia mengharapkan Pj Wali Kota Payakumbuh yang baru bisa menjalankan amanah dengan penuh tanggungjawab.

"Selamat kepada Suprayitno. Kita berharap dapat melaksanakan amanah yang telah diterima dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggungjawab," ujar Mahyeldi.

Mahyeldi mengungkapkan, sesuai dengan ketentuan Pasal 14 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2023, Menteri Dalam Negeri telah mengangkat Suprayitno, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah II Kementerian Dalam Negeri, sebagai Pj Wali Kota Payakumbuh.

"Pada hari ini, telah dilakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan saudara Suprayitno sebagai Pj Wali Kota Payakumbuh dengan masa jabatan paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan," bebernya.

Mahyeldi menyebutkan, bahwa tugas dan tanggung jawab Pj Wali Kota, walaupun sementara tentu bukanlah hal yang mudah. Kepadanya ditumpangkan tanggung jawab untuk menjamin berjalannya roda Pemerintahan Kota Payakumbuh.

Dengan kata lain, terang Mahyeldi, Pj Wali Kota adalah seorang kepala daerah otonom yang tugas dan kewenangannya telah diatur di dalam Peraturan Perundang-Undangan. Kepadanya diberikan tugas untuk menyelenggarakan pemerintahan daerah sebagaimana Kepala Daerah Definitif.

"Untuk saat ini Pj Wako juga diberi tugas untuk memfasilitasi dan menjaga kondusifitas pelaksanaan Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 serta menjaga netralitas ASN," ujarnya.

Dengan beban tanggung jawab tersebut, kata Mahyeldi, Pj Wali Kota yang ditunjuk merupakan orang yang berpengalaman luas, memiliki jiwa kepemimpinan, kredibilitas, kemampuan berkoordinasi dengan instansi pemerintahan lainnya. Serta didukung dengan pengetahuan mengenai pemerintahan.

"Saya yakin dan percaya, saudara Suprayitno dapat melaksanakan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya, sehingga akan mempercepat pembangunan Kota Payakumbuh," harapnya.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga memberikan apresiasi kepada Jasman yang telah melaksanakan tugas dan wewenang sebagai Pj Wali Kota Payakumbuh. Yang secara agregat juga menyumbang bagi kemajuan Provinsi Sumbar secara keseluruhan.

"Untuk itu, izinkan kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Sumatra Barat, mengucapkan selamat mengakhiri masa tugas sebagai Pj Wali Kota Payakumbuh kepada saudara Jasman," ujarnya.

"Terimakasih, doa kami, semoga saudara Jasman terus memberikan kontribusi positif bagi daerah dan masyarakat yang kita cintai. Kepada saudara Suprayitno kami berharap akan bisa melanjutkan apa-apa yang telah dicapai dan dirintis oleh pemimpin terdahulu," ucapnya. (*/yki)

Baca Juga

Kapolres Payakumbuh Wahyuni Sri Lestari mengatakan, pada pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD RI yang akan dilaksanakan 13 Juli
Polres Payakumbuh Kerahkan 217 Personel Amankan PSU DPD RI 13 Juli
Sekda Payakumbuh, Rida Ananda menghadiri rapat Evaluasi Pelaksanaan Pengukuran dan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Aula Randang,
Pemko Payakumbuh Komitmen Realisasikan Percepatan Penurunan Stunting
Pemko Payakumbuh akan menggelar lomba mural guna menyambut HUT RI ke-79. Untuk mempersiapkan lomba tersebut, Pemko Payakumbuh mengadakan
Pemko Payakumbuh Gelar Lomba Mural Guna Sambut HUT RI ke-79, Ini Jadwalnya
Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh ikut berkurban bersama masyarakat Tangah Padang, Kelurahan Balai Panjang melalui program ASN Berkurban
Hewan Kurban dari Pj Wako Payakumbuh Disalurkan di Tangah Padang
Sebanyak 30 kelompok tani di Kota Payakumbuh menerima bantuan alat dan mesin pertanian di Kantor Dinas Pertanian Kota Payakumbuh.
30 Kelompok Tani di Payakumbuh Terima Bantuan Alat dan Mesin Pertanian
Penjabat Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno menerima kunjungan dari UP3 PLN Payakumbuh di ruang kerja lantai II Kantor Wali Kota Payakumbuh
Bertemu UP3 PLN Payakumbuh, Pj Wako Sinergikan Sejumlah Program Pemko