Supardi: Sumbar Gudang Lahir Tokoh Pemimpin yang Berjiwa Negarawan

Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan bahwa sejak dahulu tercatat dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia banyak tokoh-tokoh pemimpin

Ketua DPRD Sumbar, Supardi. [foto: DPRD Sumbar]

InfoLanggam - Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengatakan bahwa sejak dahulu tercatat dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia banyak tokoh-tokoh pemimpin bangsa yang berjiwa negarawan lahir dari Ranah Minang Sumatra Barat.

"Mereka tampil dengan kepemimpinan yang tidak mendahulukan kepentingan pribadi atau kelompok tertentu, mereka betul-betul pemimpin negara untuk kepentingan rakyat," ujar Supardi saat acara Hari Bangkit Pelajar Islam Indonesia dan Launching Buku Biografi H Maspar Rasyid di Bukittinggi, Minggu (2/6/2024).

Lampiran Gambar

Supardi juga mengatakan Sumbar tidak pernah berhenti melahirkan pemimpin yang berjiwa negarawan. H Maspar Rasyid sosok tokoh yang pemikiran-pemikirannya perlu dilanjutkan menjadi panutan bagi generasi ke generasi.

"H Maspar Rasyid walaupun tidak pernah menjabat kepala daerah, atau jabatan lainnya akan tetapi pergerakan dalam kebangkitan Pelajar Islam Indonesia telah memberikan pemikiran-pemikiran yang patut jadi panutan semua orang," ujar Supardi.

Lampiran Gambar

Supardi juga menyampaikan dalam beberapa dekade terakhir terjadi kemunduran keberadaan lahirnya tokoh-tokoh pemimpin yang berjiwa negarawan di Sumbar.

"Hal ini dapat kita cermati ketika dampak peristiwa PRRI dimana banyak masyarakat menganti nama anak dengan nama-nama dari Jawa karena rasa malu dan takut perkembangan anak tidak dapat kerja nantinya. Termasuk nama saya Supardi yang dianggap sebagian masyarakat saya orang Jawa," bebernya.

Lampiran Gambar

Supardi menyebutkan, timbangan kekuasaan orde lama dan orde baru serta reformasi hari ini amat berpengaruh akan tumbuhnya tokoh-tokoh pemimpin yang berjiwa negarwan dari Sumatra Barat.

"Ketika saya masih aktivis organisasi buruh pimpinan Muchtar Pakpahan, tokoh gerakan buruh Indonesia yang mendirikan serikat buruh independen pertama di Indonesia. Melakukan demo saya ikut terpanggil ikut demo hingga puncaknya di Medan. Suasana saat ini organisasi Buruh masuk daftar organisasi yang tidak diakui pemerintah pusat. Kami dicari dan dikejar aparat dalam perjuangan itu," terangnya.

Lampiran Gambar

Supardi mengungkapkan, lahirnya pemimpin negarawan itu tidak serta merta karena menjabat ataupun tumbuh dari kalangan yang berkuasa, akan tetapi mereka tumbuh besar dalam gerakan dan pemikiran untuk mendahulukan kepentingan rakyat dan kemajuan pembangunan daerah dan nasional.

"Kita berharap akan terus lahir dan tumbuh disetiap generasi pemimpin - pemimpin yang berjiwa negarawan dari Ranah Minang Sumatra Barat kedepannya. Kelahiran pemimpin yang berjiwa negarawan ditandai dengan prestasi kemajuan pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dipimpinnya. Semoga Sumbar dan kabupaten kota terus maju dengan pemimpinnya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat," harap Supardi.

Lampiran Gambar

Dalam kegiatan tersebut, hadi Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius, Ketua Pengurus Yarsi Sumbar, Zainul Daulay.

Kemudian juga hadir Ketua Pengurus Wilayah Keluarga Besar PII, Harmazaldi, Ketua Umum PW PII Sumbar serta ninik mamak, cadiak pandai, alim ulama, bundo kanduang dan peserta Pelajar Islam Indonesia. (*)

Baca Juga

Jamaah Masjid Baitul Mukmin Labuah Baru Payakumbuh bisa tersenyum lega, pasalnya impian punya ambulans terwujud di momen Hari Raya
Masjid Baitul Mukmin Payakumbuh Akhirnya Punya Ambulans, Supardi: Alhamdulillah
Ketua DPRD Sumbar, Supardi mengungkapkan bahwa salah satu unsur penopang perekonomian Sumatera Barat adalah sektor UMKM.
Tinjau Booth Paviliun Sumbar di PRJ 2024, Supardi Dorong UMKM Payakumbuh Ekspansi ke Pasar Global
KPU Sumbar resmi menetapkan 65 calon anggota DPRD Sumatra Barat terpilih pada Pemilu serentak 2024 pada rapat pleno yang digelar Jumat
KPU Tetapkan 65 Anggota DPRD Sumbar Terpilih, Ini Nama-namanya
Bukittinggi, Payakumbuh selama ini hanya sekedar kota perlintasan. Sehingga perekonomian Payakumbuh hanya bertumpu pada sektor
Jadikan Payakumbuh Kota Tujuan, Supardi Ajak Tokoh Adat Bangga dengan Budaya Sendiri
Bencana yang terjadi baru-baru ini di Agam dan Tanah Datar mesti membuka mata pemerintah dan masyarakat bahwa Sumbar masihlah daerah
Ketua DPRD Sumbar: Diperlukan Banyak Anggota Penggerak Masyarakat Siaga Bencana
Ketua dan Komisi II DPRD Sumbar membahas hal-hal strategis yang menyangkut peningkatan taraf kehidupan dan ekonomi masyarakat pesisir dengan
DPRD Sumbar Bahas Peningkatan Taraf Ekonomi Masyarakat Pesisir dengan Pemprov DKI Jakarta