Sumdarsin Diluncurkan, Gubernur Klaim Peringkat Capaian Vaksinasi Sumbar Naik 

Langgam.id-Sumdarsin

Peluncuran Gerakan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di GOR H Agus Salim, Kota Padang. [foto: Pemprov Sumbar]

.Langgam.id - Gerakan Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) diluncurkan di GOR H Agus Salim, Kota Padang, Sabtu (30/10/2021). Gubernur Sumbar Mahyeldi optimis capaian vaksinasi bisa melebihi target.

"Melihat antusiasme warga tidak hanya di Kota Padang tetapi juga di 18 kabupaten/kota yang juga melaksanakan gerakan ini secara serentak, kita optimis capaiannya bisa lebih dari 120 persen," ujar Mahyeldi.

Ia mengungkapkan, laju vaksinasi covid-19 cukup tinggi beberapa minggu terakhir. Akibatnya, capaian vaksinasi di Sumbar sudah cukup baik, bahkan naik 5 peringkat secara nasional. Dari awalnya peringkat 2 terbawah menjadi peringkat 7 dari bawah.

"Data sebelum Gerakan Sumdarsin, capaian vaksinasi Sumbar 34,54 persen. Lebih baik dari Papua, Aceh, Maluku, Maluku Utara, Sulteng dan Sultra," beber Mahyeldi.

Capaian ini terangnya, merupakan bukti keseriusan pemerintahan daerah bersama dengan Polda dan Korem 032 Wirabraja dalam upaya untuk segera mencapai herd immunity di Sumbar.

"Kita yakin dengan upaya dan kerjasama dari berbagai pihak, capaian vaksinasi di Sumbar akan naik secara signifikan," harapnya.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra menambahkan, dengan antusiasme masyarakat Sumbar yang terlihat dalam gerakan Sumdarsin ini, maka mematahkan anggapan bahwa masyarakat tidak mendukung vaksinasi.

Antusiasme masyarakat itu ungkapnya, tidak hanya terlihat di Kota Padang, tetapi juga dari 18 kabupaten kota lainnya yang terpantau secara virtual.

Teddy mengatakan, rangkaian kegiatan Sumdarsin ini direncanakan akan melaksanakan 5 kali vaksinasi yang akan dipusatkan pada beberapa tempat berbeda.

"Jika dalam satu kali pelaksanaan bisa 100 ribu orang, maka dalam lima kali capaiannya akan sangat signifikan," ucapnya.

Baca juga: Kejar Target Vaksinasi, Sumbar Gelar Sumdarsin Hingga Akhir Tahun

Teddy optimis, pada akhir tahun, peringkat capaian vaksinasi di Sumbar bisa menembus 10 besar tertinggi nasional, bahkan lebih baik lagi.

Dalam kegiatan Sumdarsin tersebut, juga hadir Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada. Kemudian, juga kepala OPD Sumbar, tokoh masyarakat dan ribuan orang masyarakat.

Baca Juga

Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis