Sumbar Terus Tekan Pertumbuhan Angka Stunting

Sumbar Terus Tekan Pertumbuhan Angka Stunting

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno (ist)

Langgam.id - Pemprov Sumatra Barat (Sumbar) terus berupaya menekan angka kasus stunting atau anak bertubuh pendek. Apalagi, sejumlah daerah di Sumbar masih memiliki angka stunting yang cukup tinggi.

“Masih ada beberapa daerah yang kasus stuntingnya tinggi. Misalnya, Kabupaten Solok, Pasaman Barat dan Pasaman," ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat  menggelar pertemuan dengan Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) di Padang, Rabu (18/9/2019).

Dia mengatakan, dukungan APPI dan stakeholder terkait untuk menurunkan angka stunting di Sumbar dengan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat akan membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

“Kita sangat terbantu dengan organiasi APPI ini. Apalagi, mereka akan turun langsung ke daerah dengan angka stunting tertinggi itu,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pengerakan Masyarakat Optimilisasi Germas dan Pencegahan Stunting APPI Empat Provinsi, Endang Sri Widyaningsih mengungkapkan, stunting tidak mengenal status ekonomi seseorang dan bisa menyerang siapa saja.

“Jadi, stunting ini tidak hanya menyerang masyarakat tidak mampu saja. Namun, masyarakat dengan ekonomi mampu juga dapat terserang stunting jika pola asupan gizi tidak diperbaiki,” tuturnya.

Makanya, perlunya pemenuhan gizi ini agar tidak kekurangan gizi, serta pola asuh dengan memberikan asi ekslusif keoada bayi tanpa penambahan makanan hingga umur 6 bulan. (*/ICA)

Baca Juga

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah OPD Pemprov Sumatra Barat usai libur Lebaran 1445
Pascalibur Lebaran, Tingkat Kehadiran Pegawai Pemprov Sumbar 98 Persen
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Dua Ribu Anak di Padang Terindikasi Stunting
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Gubernur Sumbar Apresiasi Kemenhub Sediakan Mudik Gratis Bagi Perantau Minang
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Penanganan Lahar Dingin Marapi, Pemprov Fokus Lakukan Pengerukan Sedimen Material Erupsi
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah melakukan pengawasan terhadap produk makanan, minuman dan parsel di pusat perbelanjaan Transmart Padang, Jumat (5/4/2024)
Ramai Warga Belanja Jelang Lebaran, Mahyeldi: Cek Tanggal Kedaluwarsa dan Keutuhan Kemasan
dprd jalan
Pemprov Sumbar Alokasikan Rp137 Miliar Perbaiki Jalan Rusak di Tanah Datar