Sumbar Siapkan Perangkat Vidcon untuk Laporkan Pelaksanaan Pemilu

Sumbar Siapkan Perangkat Vidcon untuk Laporkan Pelaksanaan Pemilu

Fasilitas video conference Pemprov Sumbar. (Foto: sumbarprov.go.id)

Langgam.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) menyiapkan perangkat 'video conference' (vidcon) untuk melaporkan pelaksanaan pemilu kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Untuk pemantauan dan koordinasi pelaksanaan pemilu serentak 2019, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendagri disebutkan telah memasang jaringan serta perangkat Vidcon di 34 provinsi seluruh Indonesia. Perangkat itu terhubung dan terpusat dengan Kemendagri di Jakarta.

Pemprov Sumbar sendiri telah menempatkan perangkat vidcon ini di salah satu ruangan di kantor gubernur. Sebelumnya, perangkat ini juga telah dimanfaatkan pada pelaksanaan Pilkada tahun lalu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sumbar Yeflin Luandri mengatakan, selain untuk Pemilu, perangkat vidcon juga digunakan dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dalam negeri lainnya.

"Seperti koordinasi antara pemerintah daerah dengan pusat melalui Kemendagri, membahas perencanaan daerah, keuangan, politik dan keamanan, penanganan bencana dan lain-lain," tuturnya, sebagaimana dilansir Diskominfo Sumbar di situs resmi Pemprov, Rabu (10/4/2019). .

Selain itu, menurutnya, vidcon juga bisa digunakan untuk koordinasi antara pemprov dengan kabupaten/kota atau antar provinsi.

"Ke depannya, kita ingin penggunaan vidcon bersifat mobile dengan menggunakan jaringan satelit. Sehingga, dapat dipergunakan pada daerah blankspot atau daerah yang mengalami bencana," ujar Yeflin. (*/SS)

Baca Juga

Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat Kampus III (FH UM Sumbar) melaksanakan aksi damai dan deklarasi Kawal
LuHak FH UM Sumbar Gelar Aksi Damai Kawal Pemilu Bersih Anti Politik Uang
Bawaslu Kota Padang menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif pada Kamis (23/11/2023) di Kawana Hotel Padang.
Bawaslu Padang Gandeng Penyandang Disabilitas dalam Pengawasan Pemilu Partisipatif
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto ungkap penyebab kekalahan partainya pada Pemilu 2019 di Sumatra Barat. Hal itu kata
Sekjen PDIP: Politik Identitas Penyebab Kekalahan Kita di Sumbar
PKS, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat bersaing ketat untuk perebutan kursi DPR RI dari Dapil Sumatra Barat II.
Guspardi Gaus: Sistem Proporsional Terbuka Sangat Ideal dan Sudah Teruji
Direktur PUSaKO Universitas Andalas Charles Simabura menilai banyaknya fenomena caleg dari satu keluarga merupakan hal buruk.
Kata Pakar HTN Soal Tidak Adanya Keterwakilan Perempuan di KPU Sumbar
Langgam.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam mengelar sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Perempuan dalam Demokrasi.
Bicara Perempuan dalam Demokrasi, Dosen FH Unand: Pemilu Tak Hanya Penentu Hidup Laki-laki