Sumbar Latih 116 Kalifah untuk Hadapi MTQ Nasional 2020

Menteri Agama Sepakati Penundaan Pelaksanaan MTQ Nasional di Sumbar

Logo MTQ 2020 (Sumber: Pemprov Sumbar)

Langgam.id - Sumatra Barat (Sumbar) telah mempersiapkan sebanyak 116 kafilah dari berbagai cabang untuk ikut dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020.

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar, Damri Tanjung mengatakan, dari 116 kalifah tersebut, tidak semua yang akan diikutkan sebagai perwakilan dari Sumbar.

"Jadi, yang kita latih 116 orang, tetapi yang kita daftarkan hanya 56 kalifah, itu di luar official," ujarnya di Padang, Selasa (25/2/2020).

Dari 56 orang tersebut, kata Damri, dua diantaranya merupakan pendamping. Jadi, total khalifah yang akan didaftarkan itu sebanyak 54 orang.

Damri mengklaim, semua peserta yang telah dipersiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar sudah dilatih sejak 2019, dan hingga MTQ dimulai, akan terus mengikuti pelatihan sebagai upaya untuk pemantapan.

Menurut Damri, ribuan orang akan datang ke Sumbar saat pelaksanaan MTQ Nasional itu nantinya. Setiap provinsi akan mengirim sebanyak 56 peserta, dikalikan 34 provinsi.

"Tapi, biasanya setiap provinsi akan mengirim lebih dari 100 orang. Jadi, ribuan orang akan datang," ucapnya.

Ia mencontohkan, hingga saat ini, beberapa provinsi sudah melaporkan jumlah orang yang akan mereka bawa. Seperti DKI Jakarta, mereka akan membawa sebanyak 150 orang. Lalu, Banten, mereka akan membawa 160 orang.

Secara resmi, dikatakan Damri, pendaftaran akan dimulai 1 April 2020. Pendaftran secara online. Lalu, akan dilanjutkan ke tahap verifikasi.

"Juni 2020, akan kita laksanakan teknikal meeting. Artinya, saat itu kita pemantapan para peserta," ujarnya.

Damri berharap, gelaran MTQ Nasional 2020, berjalan dengan baik dan sukses. Sebelumnya menurut Damri, Sumbar juga pernah menjadi tuan rumah MTQ Nasional tahu 1983 dan diklaim sukses.

"Kita sudah komitmen bersama, kita ingin ukir kesuksesan kembali, sukses penyelenggaraannya, sukses administrasi dan sukses prestasi," katanya. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis