Sumarak Labuah Babudayo Jadi Pembuka Progul Satu Nagari Satu Event Tanah Datar 2024

Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka event Sumarak Labuah Babudayo yang digelar di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Jumat (12/4/2024).

Kegiatan Sumarak Labuah Babudayo yang digelar di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum. [foto: Pemko Tanah Datar]

Langgam.id - Bupati Tanah Datar, Eka Putra membuka event Sumarak Labuah Babudayo yang digelar di Nagari Labuah, Kecamatan Lima Kaum, Jumat (12/4/2024).

Sumarak Labuah Babudayo ini sendiri merupakan event pembuka Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event Kabupaten Tanah Datar tahun 2024.

Dalam event yang pembukannya digelar di Kantor Wali Nagari Labuah ini, menampilkan beragam kegiatan. Yaitu, 1000 rakik maco katumba, tari masal, malam babudayo, Labuah balagak, penampilan kesenian anak nagari.

Kemudian juga ada pacu jawi, baolang-olang, maonta pinum kowoa ka sawah, salawek dulang, alek buru babi dan balai UMKM.

"Tahun ini Nagari Labuah menjadi pembuka pelaksanaan Progul Satu Nagari Satu Event. Alhamdulillah, pelaksanaan saya nilai berjalan sukses, baik itu penampilan sanggar tari ataupun persiapan lokasi acara yang memanfaatkan bahan lokal seperti jerami dan bambu," ujar Eka Putra dilansir dari laman Facebook Prokopim Setda Tanah Datar, Sabtu (13/4/2024).

Eka mengungkapkan, Progul Satu Nagari Satu Event digelar karena memiliki manfaat yang sangat banyak. Di antaranya menjadi sarana pelestarian budaya, adat dan juga kuliner khas nagari sampai dengan peningkatan roda ekonomi masyarakat.

"Seperti kita saksikan sebelum memulai acara ada kegiatan serah terima gelanggang, tradisi ini disaksikan langsung generasi muda kita, sehingga mereka tahu dan nantinya ninik mamak juga mentransferkan kepada mereka," bebernya.

"Dan juga ada prosesi masak rakik maco katumba yang merupakan kuliner khas Nagari Labuah yang renyah dan enak untuk di makan langsung ataupun sama nasi," sambungnya.

Dan juga yang patut diapresiasi, tambah Bupati, katanya yang menari tari masal ataupun pertunjukkan lainnya merupakan putra dan putri Nagari Labuah.

"Sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan atas penampilan anak-anak menari, saya akan bantu seragam dan perlengkapannya sebesar Rp25 juta," ucapnya.

Ketua Pelaksana yang juga ketua KAN Labuah Munafri Dt. Majo Indo Nan Karuik mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi idaman masyarakat Nagari Labuah, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

"Alhamdulillah tahun ini bisa digelar bahkan menjadi yang perdana di tahun 2024, terima kasih pak Bupati atas kesempatannya," ujar Munafri.

Munafri menyebutkan, Nagari Labuah memiliki banyak potensi adat dan budaya yang bisa ditampilkan sehingga dikenal kembali oleh anak kemenakan dan juga masyarakat yang berkunjung.

"Begitu banyak potensi yang dimiliki, dan saya berharap melalui Program Satu Nagari Satu Event, semua bisa lestari kembali, anak kemenakan, kaum muda dan tua semakin bersatu untuk kesejahteraan Nagari Labuah," ucapnya.

Wali Nagari Labuah, Wahyudi Asri mengatakan, elaksanaan Program Satu Nagari Satu Event akan kembali melestarikan adat, budaya dan kuliner khas nagari.

"Banyak potensi yang dimiliki Nagari Labuah, baik adat, budaya dan kuliner. Seperi ada medan nan bapaneh, surau gadang yang dibangun seorang syech. Dan rakik maco katumba makanan khas kami, tentu saya harapkan bantuan Pemda untuk pangsa pasar, sehingga membantu UMKM kami," harapnya. (*/yki)

Baca Juga

Gebu Minang Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Bencana di Sumbar
Gebu Minang Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Bencana di Sumbar
Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Bupati Tanah Datar Pastikan Kesiapan Penyambutan Presiden di Lokasi Pengungsian
Bupati Tanah Datar Pastikan Kesiapan Penyambutan Presiden di Lokasi Pengungsian
Sebanyak 23 jembatan di enam kecamatan di Tanah Datar, putus akibat bencana alam banjir bandang yang terjadi pada Sabtu (11/5/2024).
23 Jembatan di Tanah Datar Putus Diterjang Banjir Bandang
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
13 Korban di Kawasan Tanah Datar yang Masih Hilang akan Terus Dicari
TNI akan menyediakan jembatan bailey di tujuh titik di Kabupaten Tanah Datar. Dengan adanya jembatan ini nantinya, diharapkan bisa
Pulihkan Akses yang Terputus, 7 Jembatan Bailey Akan Dibangun di Tanah Datar