Strategi Peningkatan Nilai Jual Produk UMKM

Strategi Peningkatan Nilai Jual Produk UMKM

Mahasiswa MBKM Fateta Unand Membantu Membuatkan Label Kemasan pada Salah Satu UMKM di Kelurahan Batu Gadang, Lubuk Kilangan Padang

Harga jual merupakan unit biaya yang dibebankan oleh produk kepada konsumen atau pelanggan. Nilai jual produk merupakan sebuah keputusan yang paling penting dalam mempertahankan kelangsungan sebuah UMKM. Jika salah menetapkan nilai jual maka sebuah UMKM akan cepat “gulung tikar”.

Penentuan harga jual merupakan penentuan harga produk untuk jangka pendek dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Keputusan ini dipengaruhi oleh kebijakan penentuan harga jual, pemanfaatan kapasitas, dan tujuan organisasi. Harga jual juga berart mencerminkan nilai dari produk.

Nilai produk merupakan pembanding produk yang kita tawarkan dengan produk yang sejenis. Nilai yang terkandung dalam suatu produk akan sangat berpengaruh terhadap nilai jual di pasaran nantinya.Peningkatan nilai jual pada produk UMKM dapat dilakukan dengan peningkatan nilai produk yang akan dipasarkan. Strategi peningkatan nilai produk dapat dilakukan dengan pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap produk yang akan dijual.

Salah satu strategi pemenuhan kebutuhan konsumen yaitu peningkatan kualitas pengemasan. Pengemasan produk UMKM pada saat ini tidak mengikuti perkembangan zaman. Produk hanya dikemas pada plastic transparan dan diberikan label kemasan, sementara produk yang diproduksi industri sudah mengikuti kemasan yang trendi, enak dipandang dan menarik konsumen sebelum konsumen melihat isi produk yang dijual.

Kemasan UMKM dapat ditingkatkan dengan memperbaiki penampilan dari kemasan serta melakukan pengemasan dengan baik dan benar sesuai dengan kriteria produk yang akan dikemas.

Kemasan bukan hanya sebagai pelindung atau wadah tetapi harus dapat menjual produk yang dikemasnya. Selain itu Kemasan yang baik menjadi salah satu nilai tambah sebuah produk. Kemasan yang baik juga memberikan kesan pertama. Kemasan ibarat pakaian bagi produk yang merupakan pakaian bagi produk yaitu yang menampilkan kesan pertama bagi pembeli Peningkatan kemasan UMKM ditingkatkan maka akan terjadi peningkatan nilai jual produk UMKM.

Peningkatan mutu kemasan akan membuat UMKM mampu bersaing dengan produk-produk yang diproduksi skala industri sehingga UMKM akan mampu bersaing dan bertahan di pasar dalam waktu yang lama.

*Risa Meutia Fiana, S.TP., MP adalah Dosen Prodi Teknologi Industri Pertanian, FATETA Universitas Andalas

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Dekranasda Gandeng Perantau Perluas Pasar IKM Payakumbuh
Dekranasda Gandeng Perantau Perluas Pasar IKM Payakumbuh
Awal 2023, Unand Lepas 1.210 Wisudawan
Awal 2023, Unand Lepas 1.210 Wisudawan
MAHUPIKI Sosialisasi UU KUHP di Sumbar, Rektor Unand: Penanda Sejarah Hukum Indonesia
MAHUPIKI Sosialisasi UU KUHP di Sumbar, Rektor Unand: Penanda Sejarah Hukum Indonesia
Hadapi Dunia Kerja, Unand Bekali Calon Wisudawan Pelatihan Karir
Hadapi Dunia Kerja, Unand Bekali Calon Wisudawan Pelatihan Karir
Memupuk Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Pemilahan Sampah
Memupuk Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Pemilahan Sampah
Mahasiswa Unand Rintis Start-Up untuk Bantu UMKM
Mahasiswa Unand Rintis Start-Up untuk Bantu UMKM