Soroti Kualitas Wasit, Andre Rosiade Minta Ketua PSSI Bentuk Satgas

Soroti Kualitas Wasit, Andre Rosiade Minta Ketua PSSI Bentuk Satgas

Andre Rosiade bersama Menteri BUMN Erik Thohir. (Foto: Dok. AR)

Infolanggam- Anggota DPR RI Andre Rosiade meminta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), membentuk tim khusus untuk memberantas mafia wasit.

Penasihat Semen Padang FC itu, menyoroti kasus dugaan pungutan liar (pungli) dalam proses seleksi wasit Liga 1dan Liga 2 2023-2024, serta kasus kepemimpinan wasit yang kontrofersial.

"Dalam kesempatan ini saya secara resmi meminta Ketua PSSI pak Erick Thohir untuk segera membentuk satgas mafia wasit," kata Andre Rosiade saat rapat bersama Erick Thohir di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar itu menilai upaya reformasi sepak bola nasional harus dimulai dari perbaikan kualitas wasit. Dia mengaku prihatin dengan kabar adanya indikasi dugaan pungli dalam proses seleksi wasit.

Selain itu kata Andre, ada pula kepemimpinan wasit yang kontroversial. Hal itu terjadi saat laga Sada Sumut FC (Sada Warrior) milik Exco PSSI Arya Sinulingga menghadapi Sriwijaya FC pada kompetisi Liga 2 2023-2024.

Disebutkan, pada laga itu Sada Sumut FC kalah dari tuan rumah Sriwijaya FC dengan skor 2-0. Pihak Sada Warrior mengaku kecewa dengan kepemimpinan wasit di pertandingan, sebab keputusan wasit merugikan tim Sada Sumut FC.

"Saya prihatin melihat Pak Arya, karena timnya dikerjain di Liga 2. Exco yang terpilih saja bisa dikerjain, apalagi saya yang bukan exco. Ini penting untuk diperbaiki karena mayoritas rakyat Indonesia mencintai sepak bola," ujar Andre kepada Erick Thohir yang juga Menteri BUMN ini.

Sebelumnya terlihat, hasil jajak pendapat yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan bahwa masyarakat setuju dibentuknya Satgas Mafia Bola di PSSI guna memberantas praktik mafia bola di Tanah Air.

"Sebanyak 94,1 persen masyarakat setuju atas kebijakan PSSI membentuk Satgas Mafia Bola," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyampaikan hasil survei dalam siaran daring yang dipantau di Jakarta, Minggu.

Sebelumnya, Djayadi mengemukakan bahwa dari hasil surveinya masyarakat puas atas kinerja PSSI di bawah kepemimpinan Erick Thohir yang saat ini menjabat ketua umum. Berangkat dari kepuasan tersebut, masyarakat berharap agar PSSI bisa membawa sepak bola Indonesia berprestasi dan masalah-masalah persepakbolaan yang ada saat ini segera diatasi. (*)

Baca Juga

Partai Gerindra dan PKS akhirnya resmi mengusung pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy pada Pilgub Sumbar 2024 nanti.
Andre Rosiade: Mahyeldi-Vasko Tepat untuk Sumbar dan Akan Memenangkan Pilkada
Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade mengajak seluruh masyarakat di Sumatra Barat untuk hadir melakukan PSU
PSU DPD RI, Andre Rosiade Ajak Masyarakat Sumbar Pilih Ustaz Jelita Donal
Ketua DPW Sawitku Masa Depanku (Samade) Sumbar Junaindra Sumawan mendukung usulan Anggota DPR RI Andre Rosiade yang meminta PTPN
Usulan Andre Rosiade Minta PTPN Segerakan Peremajaan Sawit di Sumbar Didukung Samade
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatra hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja PT Hutama Karya
Bangun 800 Km Tol Trans Sumatra hingga Juni, Andre Rosiade Apresiasi Kinerja PT Hutama Karya
Anggota Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Andre Rosiade meyakini, pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Gibran
Andre Rosiade: Prabowo dan Gibran Akan Buat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Jadi Lebih Baik
Pencinta Timnas Indonesia, Andre Rosiade tak merasa khawatir dengan lawan-lawan Indonesia pada ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Andre Rosiade Yakin Indonesia Bisa Melaju Meski Masuk Grup Neraka di Kualifikasi Piala Dunia