Skema One Way Arus Mudik 2024 di Jalur Sumbar, Padang-Bukittinggi Kini Lewat Malalak

Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Barat (Sumbar) kembali menerapkan jalur satu arah atau one way sistem di rute Padang-Bukittinggi saat.

Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Nur Setiawan. (Foto: Infopublik)

Langgam.id - Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Barat (Sumbar) kembali menerapkan jalur satu arah atau one way sistem di rute Padang-Bukittinggi saat arus mudik dan balik Idul Fitri 2024.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Pol Dwi Nur Setiawan mengatakan, terdapat perubahan one way sistem yang nantinya diterapkan. Salah satunya, perubahan rute.

"Untuk rekayasa lalu lintas, Polda Sumbar akan menerapkan one way Jalur Padang-Bukittinggi. Sesuai evaluasi tahun lalu, akan kami lakukan perubahan rute," kata Dwi, Jumat (22/3/2024).

Perubahan rute itu, lanjut Dwi, yakni one way sistem untuk rute Padang-Bukittinggi akan melintasi jalur Malalak, Kabupaten Agam. Sementara sebaliknya atau Bukittinggi-Padang, melewati jalur utama Padang Panjang dan Kayu Tanam hingga Sicincin.

"Yang mana sebelumnya one way Padang-Bukittinggi melalui jalur utama, sedangkan Bukittinggi-Padang melalui Malalak terjadi sumbatan di Simpang Sicincin dan Padang Luar," ungkapnya.

"Dengan analisa dan evaluasi, kita ubah polanya yang saat ini nantinya diterapkan Padang-Bukittinggi mengunakan Jalur Malalak. Kemudian Bukittinggi-Padang melalui jalur utama, Padang Panjang. Karena apa? yang kita laksanakan kecil kemungkinan terjadinya crossing jalan di persimpangan," sambung Dwi.

Ia menyebutkan berbagai tahapan one way sistem tersebut akan terus dievaluasi. Untuk sementara, penerapan akan dimulai pada 7-15 April 2024.

"Mulai pukul 12.00-17.00 WIB. Dimana satu jam sebelumnya, akan kami lakukan pembersihan jalur yang dilalui," ujarnya.

Lebih lanjut Dwi mengungkapkan, beberapa titik kawasan longsor telah diupayakan untuk pembersihan.

"Beberapa titik tanah longsor. Alhamdulillah, PKJR sudah melaksanakan kegiatan maupun BPJN memperbaiki sementara di jalur Malalak. Di beberapa titik," kata dia.

"Diharapkan pengendara dapat patuhi imbauan dan arus lalu lintas," tambahnya. (Irwanda/yki)

Baca Juga

Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
Vokalis Red Hot Chili Peppers 'Ritual Tembakau' Bersama 2 Sikerei Mentawai
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Dua Ribu Anak di Padang Terindikasi Stunting
Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mencatat terjadinya kenaikan penumpang pada arus balik Lebaran 2024 pada 13 April 2024 (H+2) dan
H+4 dan H+5 Lebaran, Sekitar 6000 Pemudik Tinggalkan Sumbar Melalui BIM
Jalur satu arah atau one way di rute Padang-Bukittinggi mulai dilaksanakan besok, Minggu (7/4/2024). One way ini akan digelar hingga 15
Rute One Way Arus Balik Padang - Bukittinggi Berubah
Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Padang Panjang melakukan penutupan jalur alternatif Padang-Bukittinggi yang melewati Batu Palano bagi kendaran roda empat.
Hari Ini, Sistem One Way Padang-Bukittinggi Diberlakukan Lebih Cepat
Pengerukan Sedimen Lahar Dingin di Aia Angek Tuntas, Cukup Aman Dilalui Bila ke Bukittinggi
Pengerukan Sedimen Lahar Dingin di Aia Angek Tuntas, Cukup Aman Dilalui Bila ke Bukittinggi