Sikapi Instruksi Presiden, Ini Langkah Kota Pariaman Kendalikan Inflasi

Sikapi Instruksi Presiden, Ini Langkah Kota Pariaman Kendalikan Inflasi

Presiden Joko Widodo memberi arahan pengendalian inflasi yang dihadiri oleh Wali Kota Genius Umar. (Foto: Kominfo Kota Pariaman)

Langgam.id - Sikapi instruksi Presiden Joko Widodo, Kota Pariaman mengambil sejumlah langkah konkret dalam mengendalikan inflasi. Pangan murah, penyaluran bantuan sosial, dan memaksimalkan potensi wisata menjadi prioritas Wali Kota (Wako) Genius Umar di 2022 ini.

Genius Umar mengatakan, Kota Pariaman sedang gencar-gencarnya melakukan pengendalian inflasi melalui kegiatan bazar pangan murah yang kita gelar di halaman Balaikota Pariaman setiap hari Jumat. Di sana, harga pangan yang dijual lebih murah dari harga pasar.

Terkait penyaluran bantuan sosial, lanjutnya, sudah dilakukan upaya pengendalaian inflasi dengan mengurangi kemiskinan ekstrem seperti yang diarahkan oleh Presiden Jokowi. Sejumlah bantuan sudah disalurkan.

Dicontohkan pada penyaluran BLT BBM pada 3.855 penerima (KPM). Perbaikan rumah tidak layak huni juga sudah berjalan.

"Kemudian bantuan sembako, perbaikan lingkungan yang bersih, dan penyedian air bersih. Hal lainya, kita garap bersama lintas sektoral dengan baik," katanya.

Presiden juga memberi arahan untuk menggunakan produk buatan Indonesia. Mulai dari produk yang berasal dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada.

"Kota Pariaman selalu menggunakan produk-produk lokal dalam setiap kegiatan menggunakan keuangan APBD maupun APBN," katanya.

Bidang wisata Presiden juga mengingatkan agar mengajak keluarga dan masyarakat berwisata di dalam negeri saja. Sehingga, lanjutnya, devisa tidak dibawa ke luar negeri.

Genius mengatakan, Kota Pariaman memiliki berkomitmen kuat mengembangkan wisata lokal. Arahan Presiden dinilai memberi peluang bagi Kota Pariaman sebagai daerah tujuan wisata.

"Daerah wisata seperti kita saat ini, yang menjelma menjadi destinasi wisata unggulan, dan termasuk dalam 5 terbaik Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) tingkat Sumatera Barat tahun 2022, akan menguntungkan bagi Kota Pariaman," tuturnya.

Diketahui, Wali Kota Pariaman Genius Umar diundang langsung untuk mendengarkan arahan Presiden Joko Widodo di Ruang Cedrawasih Jakarta Convention Center, Kompleks Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno, Jakarta Pusat, Kamis siang (29/9/2022).

Baca Juga: Jokowi Minta Kepala Daerah Gunakan APBD Tekan Laju Inflasi Akibat Kenaikan Harga BBM

Dalam arahannya, Presiden mengingatkan dunia sekarang dalam kondisi sulit. Ekonomi dunia sedang tidak menentu, mulai dari krisis pangan dunia, krisis energi, penyesuaian harga BBM, dan krisis finansial. Inflasi menjadi momok dan tugas berat di setiap negara dan daerah.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Semen Padang FC akan menghadapi PSPS Riau di laga kedua Liga 2 2022/2023 pada Senin. Laga tandang perdana Semen Padang FC pada musim
Manajemen Semen Padang FC Kantongi 3 Calon Pelatih, Ada dari Sumbar
Mayoritas penduduk Sumatra Barat (Sumbar) adalah beragama Islam. Oleh karena itu, hampir di semua kabupaten/kota di Sumbar ditemukan banyak
Berikut 10 Kabupaten/Kota dengan Jumlah Masjid Terbanyak di Sumbar
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Raih Cumlaude, Bupati Dharmasraya Resmi Menyandang Gelar Magister Administrasi Publik dari Unand
Berita Padang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Harga cabai di Pasar Raya Padang mengalami kenaikan jelang Ramadan. 
Siapkan Kebijakan Strategis, Gubernur Yakin Harga Pangan Sumbar Terkendali Saat Ramadan
Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024