Siap Dihuni, 5 Unit Huntara di Jorong Panti Tanah Datar Diserahkan ke Korban Galodo

Sebanyak lima unit huntara yang berada di Jorong Panti, Nagari Rambatan, Kecamatan Rambatan, Tanah Datar, sudah siap digunakan dan dihuni

Huntara bantuan dari Aksi Solidaritas Piaman Laweh (ASPILA) dan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FPRB) ini sudah siap untuk dihuni. [foto: Kominfo Tanah Datar]

Langgam.id - Sebanyak lima unit hunian sementara (huntara) yang berada di Jorong Panti, Nagari Rambatan, Kecamatan Rambatan, Tanah Datar, sudah siap digunakan dan dihuni oleh korban terdampak galodo.

Huntara ini merupakan bantuan Aksi Solidaritas Piaman Laweh (ASPILA) dan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FPRB).

Huntara yang merupakan bantuan tahap pertama untuk lima keluarga korban galodo ini secara resmi telah diserahkan kepada Pemkab Tanah Datar.

“Sore ini, saya sebagai Bupati Tanah Datar menerima lima unit rumah huntara dari ASPILA yang dikerjakan oleh FRPB dan ini akan kami langsung serahkan kepada lima warga kita yang terdampak,” ujar Bupati Tanah Datar, Eka Putra dilansir dari laman Facebook Kominfo Tanah Datar, Selasa (28/5/2024).

Eka menjelaskan, bahwa pembangunan huntara untuk korban galodo inu tidak hanya di Kecamatan Rambatan saja. Namun juga akan dilaksanakan di kecamatan terdampak lainnya.

“Ini tahap pertama, tahap kedua akan dibangun di Kecamatan X Koto, Batipuh juga insyaAllah Kecamatan Pariangan,” beber Bupati.

“Kami berharap ASPILA selalu sukses, murah rezeki, juga relawan yang mengerjakan diberikan kesehatan murah rezeki juga,” sambung Eka.

Dalam kesempatan itu, Eka juga menyerahkan bantuan logistik berupa kasur, bantal, alat masak, dan lainnya untuk korban penghuni huntara tersebut.

Sementara itu, salah seorang warga Panti penerima huntara, Nova sangat bersyukur atas bantuan tersebut.

“Senang karena kami dapat hunian sementara ini. Rumah kami hanyut saat kejadian. Saya sebagai penerima hunian sementara merasa bersyukur. Alhamdulillah, ada bantuan untuk kami,” ujar Nova. (*/yki)

Baca Juga

Waspadai Risiko Keamanan Pangan Pasca Galodo
Waspadai Risiko Keamanan Pangan Pasca Galodo
511,52 Hektar Lahan Pertanian Terdampak Galodo, Bupati Eka Putra Ajukan Reklamasi Lahan ke Kementan RI
511,52 Hektar Lahan Pertanian Terdampak Galodo, Bupati Eka Putra Ajukan Reklamasi Lahan ke Kementan RI
Sebulan Pasca Galodo, Bupati Tanah Datar Ajukan 22 Usulan ke BNPB
Sebulan Pasca Galodo, Bupati Tanah Datar Ajukan 22 Usulan ke BNPB
BNPB menurunkan tim survei pemasangan EWS Gunung Marapi di Batang Lona pada masa transisi darurat ke pemulihan pasca banjir bandang
Bakal Pasang EWS, BNPB Turunkan Tim Survei ke Batang Lona Tanah Datar
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Usai Masa Tanggap Darurat Berakhir, Agam Fokus Pemulihan Bencana hingga Desember 2024
Bupati Tanah Datar, Eka Putra meninjau kondisi sabo dam yang berada di Nagari Pasir Laweh, Senin (27/5/2024). Peninjauan itu dilakukan guna memastikan kondisi sabo dam
Tanggap Darurat Selesai, Bupati Tanah Datar: 1 Tahun Ini Kita Kerja Keras Masa Transisi