Sempat Putus Total, Jalur Padang-Solok Sudah Bisa Dilalui

Jalur Sicincin-Malalak Belum Bisa Dilewati, Target Pembersihan Longsor 2 Minggu

Ilustrasi - Alat berat untuk membersihkan material longsor (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Jalur Padang-Solok kembali normal, Kamis (17/11/2022), setelah sempat putus total akibat bencana longsor. Material longsor menutup badan jalan di dua lokasi di kawasan Sitinjau Lauik, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar).

"Sudah bisa dilalui (kawasan Sitinjau Lauik) sejak tadi malam," ujar Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Lija Nesmon, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya, jalur di kawasan Sitinjau Lauik tersebut sempat putus total selama dua jam. Peristiwa longsor ini sebelumnya terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, Rabu (16/11/2022).

Dua titik longsor itu tepat di kawasan perbatasan dan panorama dua. Hal ini sehingga membuat jalur Padang-Solok ditutup untuk sementara. "Akibat longsor juga mengalami kemacetan baik dari arah Solok maupun Padang," katanya.

Baca Juga: 2 Titik Longsor di Sitinjau Lauik Lumpuhkan Jalur Padang-Solok

Seperti diketahui, akibat hujan disertai puting beliung juga mengibatkan longsor di kawasan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, sehingga menghambat akses jalan.

Material longsor yang terdiri dari tanah menutupi sebagian badan jalan, sehingga terganggunya akses jalan. Selain itu, permukaan badan jalan juga menjadi licin.

Sementara dua rumah warga juga diporakporandakan puting beliung yang berlokasi Jalan Parak Jambu, Kelurahan Dadok Tunggul, Kecamatan Koto Tangah dan Jalan Palembang, Gaung, Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung. (*/SS)

Baca Juga

Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Padang Kembali Gelar Pasar Siti Nurbaya
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Abrasi Kian Mendesak Pasir Jambak, Rumah dan Pondok Wisata Semakin Terancam
Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah meninjau sejumlah kawasan yang terdampak bencana banjir dan longsor di tiga kabupaten di Sumbar.
Mahyeldi Tinjau Kawasan yang Terdampak Banjir dan Longsor di 3 Kabupaten di Sumbar
Jalan Sumbar-Riau di Kabupaten Limapuluh yang sempat diberlakukan sistem buka tutup, kini sudah bisa dilalui kendaraan dari dua arah.
Longsor Sudah Dibersihkan, Jalan Sumbar-Riau Dapat Dilalui Kendaraan dari 2 Arah
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan bahwa ada lima titik banjir yang cukup tinggi di kabupaten tersebut.
Limapuluh Kota Dilanda Banjir dan Longsor, Bupati Harapkan Bantuan Pusat dan Pemprov
Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau