Sempat Macet Pasca Tabrakan Bus vs Truk Tangki Pertamina, Jalur Sitinjau Lauik Kembali Lancar

Sempat Macet Pasca Tabrakan Bus vs Truk Tangki Pertamina, Jalur Sitinjau Lauik Kembali Lancar

Kecelakaan di panorama I Sitinjau Lauik (ist)

Langgam.id - Kecelakaan bus vs dua unit truk tangki Pertamina di Panorama I Sitinjau Lauik sempat membuat jalan lintas Padang-Solok macet total. Namun, setelah diurai beberapa jam, jalan lintas Sumatra itu kembali bisa dilewati pengendara sekitar pukul 17.00 WIB, Minggu (16/6/2019).

Kapolsek Padang Utara Kompol Zulkafde mengatakan, pihaknya telah datang ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengurai kemacetan beberapa saat pasca kecelakaan. Sistem buka tutup sempat diberlakukan agar kepadatan kendaraan tidak diperparah.

"Sejak pukul 17.00 WIB arus kendaraan sudah lancar. Tadi memang sempat berlakukan sistem buka tutup. Bahkan kemacetan terjadi dari titik lokasi kecelakaan hingga ke Indarung," kata Zulkafde dihubungi langgam.id.

Zulkafde mengungkapkan, badan bus yang melintang di tengah jalan sudah dievakuasi dan arus lalu lintas kembali normal. Pihaknya juga telah mendata dan meminta keterangan saksi-saksi di lokasi kejadi. Dugaan sementara, bus pariwisata mengalami rem blong.

"Sopir bus pariwisata bernopol AB 7925 JN dikemudian oleh Aswin. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Bus ini membawa wisatawan, tapi wisatawan dari mana saya kurang tahu juga," katanya.

Sementara itu, dua truk tangki Pertamina yang terlibat kecelakaan dikemudian oleh Rudi Hartono dan Mirwan. Kedua sopir juga diketahui selamat dalam kecelakaan tersebut.

"Bus pariwisata datang dari arah Solok menuju Padang, sampai di Panorama I, bus diduga mengalami rem blong kemudian menabrak tembok pembatas jalan.  Kemudian menabrak truk tangki yang datang dari arah Padang menuju ke Solok," beber Zulkafde.

Zulkafde mengungkapkan saat ini kasus kecelakaan ditanggani unit Lakalantas Polresta Padang. Kendaraan yang terlibat juga telah dievakuasi dan di bawa ke Unit Lakalantas Polresta Padang.

Sebelumnya, satu unit bus pariwisata terlibat kecelakaan dengan dua truk tangki Pertamina. Kecelakaan beruntun ini terjadi di jalan lintas Sumatra, tepatnya di kawasan pendakian Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang Minggu (16/6/2019), sekitar pukul 14.15 WIB.

Dari video yang diterima langgam.id dari salah seorang pengendara, kecelakaan lalu lintas ini tampak menimbulkan kemacetan arus lalin Padang-Solok. Pasalnya, badan bus pariwisata dan truk tangki yang terlibat kecelakaan melintang di tengah jalan.

Bus pariwisata juga menabrak dinding tebing di sisi sebelah kanan jalan. Bus tersebut melaju dari arah Solok menuju Padang. Sedangkan dua unit truk tangki Pertamina melaju dari arah berlawanan atau Padang menuju Solok. (Irwanda/RC)

Baca Juga

Kecelakaan Beruntun di Silaing, 1 Luka Berat 12 Luka Ringan
Kecelakaan Beruntun di Silaing, 1 Luka Berat 12 Luka Ringan
Andre Rosiade menyebutkan pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik yang menghubungkan Kota Padang dengan Kabupaten Solok, Sumatra Barat
Andre: Alhamdulillah PUPR Surati Kemenkeu soal Flyover Sitinjau Lauik
Kecelakaan Libatkan Banyak Kendaraan di Kawasan Sitinjau Lauik
Kecelakaan Libatkan Banyak Kendaraan di Kawasan Sitinjau Lauik
Kecelakaan maut terjadi di Jalan Sumbar-Riau tepatnya Lubuk Bangku, Jorong Air Putih, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota
3 Orang Meninggal, Begini Kronologi Kecelakaan Maut di Limapuluh Kota
Kecelakaan maut terjadi di Jorong Batang Gadih, Nagari Batipuh Baruah, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar pada Senin (9/10/2023)
Kecelakaan Maut di Batipuh Tanah Datar, 1 Pengendara Motor Meninggal
Anggota DPR RI Andre Rosiade memastikan progres atau perkembangan pembangunan jembatan layang atau Fly Over Sitinjau Lauik terus berjalan.
Kawal Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik, Andre Rosiade: Akhir Oktober Sudah Lelang