Sempat Lumpuh 4 Jam, Jalan Sumbar-Jambi Kembali Normal

Macet di jalan Sumbar akibat banjir

Kemacetan jalan lintas Sumatra akibat banjir di Dharmasraya (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Arus kendaraan di Jalan Lintas Sumatra di Kecamatan Pulau Punjung, Sumatra Barat (Sumbar) sudah kembali normal. Sebelumnya, jalan penghubung Sumbar-Jambi tersebut sempat lumpuh akibat genangan banjir setinggi satu meter.

Kasat Lantas Polres Dharmasraya, AKP Agus Salem, mengatakan arus kendaraan sempat tersendat sejak pukul 07.00 WIB hingga 11.00 WIB. Genangan air diakibatkan meluapnya aliran sungai Batang Takung.

"Siang ini sudah kembali normal, banjir khususnya yang mengenang jalan lintas sumatra sudah surut. Kendaraan sudah bisa melintas," ujar Agus, Selasa (21/1/2020).

Baca juga : Setelah Longsor, 2 Kecamatan di Sijunjung Diterjang Banjir

Meskipun telah normal, pihak kepolisian masih tetap siaga di jalur lintas sumatra tepatnya di kilometer 174. Sebelumnya, jalur ini digenangi air sepanjang 200 meter dan mengakibatkan kemacetan sepanjang empat kilometer.

"Kami masih di lokasi untuk mengatur arus lalu lintas. Saat ini air hanya setinggi betis, tapi dengan setinggi itu kendaraan sudah bisa melintas. Kami buka dari dua sisi arah, tidak buka tutup," katanya.

Seperti diketahui, banjir di Dharmasraya diakibatkan intensitas curah hujan yang lebat terjadi sejak pukul 03.00 WIB hingga meluapnya beberapa aliran sungai. Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama unsur stakeholder terkait langsung meninjau lokasi dampak banjir.

Sutan Riska mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam bencana ini. Sedangkan, masyarakat yang terdampak banjir sedang dievakuasi ke lokasi yang lebih aman.

Ia menyebut, telah membangun tenda dan dapur umum untuk korban banjir. Pihaknya juga sedang mendata secara keseluruhan dampak banjir. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Dharmasraya Gelar FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 Targetkan Peningkatan Nilai IPS
Pasar rakyat berkonsep modern akan segera hadir di Kabupaten Dharmasraya. Pelaksanaan groundbreaking proyek pembangunan Pasar Dharmasraya
Gandeng PT Adhi Perkasa Gedung, Pasar Rakyat Dharmasraya Dibangun di Lahan 5 Ha
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Ibunda Bupati Dharmasraya Meninggal Dunia
Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan
Kinerja Pemerintah Kabupaten Dharmasraya Terbaik di Sumbar, Nomor 9 di Indonesia
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Stok gula pasir di Bulog Sumbar kosong, sementara stok beras capai 7.000 ton.
Bulog Gelar Bazar 2 Hari Disela HUT Dharmasraya
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi
Forkopimda Dharmasraya Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Taratak Tinggi