Sempat Diguyur Hujan, Kloter Terakhir CJH Embarkasi Padang Diberangkatkan ke Tanah Suci

Kelompok terbang (kloter) 17 calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Padang diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM menuju

Proses pemberangkatan Kloter 17 Embarkasi Padang. [foto: Kemenag Sumbar]

Langgam.id - Kelompok terbang (kloter) 17 calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Padang diberangkatkan dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) menuju Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Jumat (31/8/2024) pukul 21.50 WIB.

Walaupun dengan kondisi cuaca hujan lebat dan berakhir gerimis di BIM, Kloter 17 yang terdiri dari 322 jemaah berhasil memasuki pesawat yang menjadi penerbangan terakhir dari Embarkasi Padang menuju BIM musim haji tahun ini.

Dengan sudah diterbangkannya kloter 17 ini, maka proses pemberangkatan calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Padang 1445 H usai sudah.

Pelepasan keberangkatan Kloter 17 ini dihadiri Ketua PPIH Embarkasi Padang, Mahyudin bersama Plt Kabag TU Kanwil Kemenag Sumbar, Edison, Kabid PHU, Ramza Husmen, pejabat Pemda serta Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota yang jemaahnya tergabung di Kloter 17.

Ketua PPIH Embarkasi Padang, Mahyudin mengatakan Kloter 17 merupakan kloter penutup untuk pemberangkatan CJH Embarkasi Padang tahun 1445 H.

"Kloter 17 merupakan kloter pamungkas yang jemaahnya gabungan 16 Kabupaten/Kota se-Sumatra Barat, 2 orang dari Provinsi Bengkulu serta 4 petugas kloter dan 2 Petugas Haji Daerah," ujar Mahyudin dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (1/6/2024).

Mahyudin menjelaskan, bahwa pesawat Garuda Indonesia bernomor GIA 3317 yang mengangkut CJH Kloter 17 PDG berhasil take-off dari BIM pada pukul 21.50, lebih lambat 15 menit dari jadwal yang direncanakan.

Mahyudin mengatakan rangkaian proses pemberangkatan jemaah menuju tanah suci dari Embarkasi Padang dapat berjalan lancar dan sukses dengan peningkatan layanan yang signifikan tahun ini.

"Alhamdulillah, keseluruhan kloter di Embarkasi Padang telah berhasil diberangkatkan dan rata-rata calon jemaah haji merasa puas atas layanan selama proses pemberangkatan," bebernya.

Ia menyatakan evaluasi terus dilakukan seiring di setiap layanan yang diberikan kepada setiap kloter yang masuk di asrama haji Padang.

Sehingganya untuk meningkatkan layanan kepada jemaah, inovasi tahun ini terang Mahyudin, yaitu penyediaan bus dan mobil golf sebagai sarana transportasi jemaah selama di dalam asrama.

Inovasi kedua adalah pengantaran koper jemaah langsung ke kamar jemaah masing-masing pada saat kedatangan di asrama.

Dalam laporannya, ia juga mengatakan bahwa saat ini jumlah CJH dari 16 kloter yang sudah berada di tanah suci adalah 6.282 yang terdiri dari pria 2.574 dan wanita 3.708 orang. (*/yki)

Baca Juga

Sebagai regulator, Kementerian Agama Republik Indonesia tidak sebatas menyusun berbagai regulasi dan kebijakan yang menitikberatkan pelayanan
Haji Ramah Lansia: Fokus Kementerian Agama RI Tahun 2024
CJH Kloter 7 Embarkasi Padang diberangkatkan ke Tanah Suci dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada Minggu (19/5/2024)
Kloter 13 Calon Jemaah Haji Embarkasi Padang Berangkat ke Tanah Suci
Sebanyak 13 kelompok terbang (kloter) calon jemaah haji (CJH) telah diberangkatkan ke Tanah Suci dari Embarkasi Padang hingga Senin
Embarkasi Padang Sudah Berangkatkan 13 Kloter Jemaah Haji ke Tanah Suci
5 Calon Jemaah Haji Embarkasi Padang Batal Berangkat
5 Calon Jemaah Haji Embarkasi Padang Batal Berangkat
Ketua PPIH Embarkasi Padang, Mahyudin melakukan monitoring layanan di bidang konsumsi pada Jumat (24/5/2024).
Pastikan Layanan Ibadah Haji Lancar, Ketua PPIH Embarkasi Padang Lakukan Monitoring
CJH Kloter 7 Embarkasi Padang diberangkatkan ke Tanah Suci dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia pada Minggu (19/5/2024)
Meninggal Dunia, Satu CJH Kloter 7 Embarkasi Padang Gagal Berangkat ke Tanah Suci