Semen Padang Serahkan Bantuan Bedah Rumah Program TMMD di Tanah Datar

Semen Padang Serahkan Bantuan Bedah Rumah Program TMMD di Tanah Datar

Semen Padang serahkan bantuan program TMMD di Tanah Datar. (Foto: Dok. Humas SP)

Langgam.id - PT Semen Padang menyerahkan bantuan 1 unit bedah rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan 250 zak semen secara simbolis usai Upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 Tahun 2024 di Wilayah Kodim 0307/Tanah Datar di Lapangan Amphibi, Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (8/5/2024) lalu.

Bantuan tersebut diserahkan  Staf Program TJSL Unit CSR PT Semen Padang Nurwan dan Staf Program Pendanaan UMKM Unit CSR  PT Semen Padang Yulhelmus yang diterima Dandim 0307/Tanah Datar Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi disaksikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf Sapta Marwindu Librali dan Bupati Tanah Datar Eka Putra.

Diketahui, rumah yang akan dibangun oleh PT Semen Padang tersebut merupakan milik Nelirismen dan istrinya Yulia Elfita. Nelirismen diketahui bekerja sebagai buruh serabutan untuk menghidupi keluarga, sementara Yulia Elfita membuka usaha warung untuk menambah penghasilan suaminya tersebut. Pasangan tersebut, memiliki dua anak yang bernama Suci Safitri saat ini bekerja sebagai honorer di salah satu sekolah dasar dan Dani yang baru menamatkan SMA.

Nelirismen didampingi istrinya mengaku bersyukur atas bantuan PT Semen Padang melalui Program TMMD ke 120 Kodim 0307/Tanah Datar ini. "Alhamdulillah kami bersyukur terpilih untuk mendapatkan bantuan dari program TMMD. Ini merupakan anugerah bagi kami sekeluarga, semoga lancar dalam pembangunannya nanti dan bisa kami tempati dengan nyaman," katanya.

Diketahui, saat ini Nelirismen sekeluarga menempati rumah non permanen yang jauh dari kata layak huni. Rumah tersebut langsung menjadi warung yang menjadi tempat usaha istrinya tersebut. Nelirismen menambahkan, rumah yang ia tempati saat ini sudah dihuni lebih kurang selama 24 tahun. "Rumah ini telah kami huni selama 24 tahun, sejak anak pertama kami Suci Safitri lahir," kata dia.

Dandim 0307/Tanah Datar Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang yang ikut berpartisipasi dalam Program TMMD di Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar ini. "Kita ucapkan terimakasih banyak kepada PT Semen Padang, rumah bantuan ini segera kita bangun dan setelah selesai akan kita resmikan kembali bersama-sama," ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis mengatakan, PT Semen Padang sebagai anak perusahaan dari SIG berkomitmen menjalankan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh Kementrian BUMN dengan landasan 4 pilar, yaitu pilar ekonomi, pilar sosial, pilar lingkungan, dan tata kelola.

Ke empat pilar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat, yang sejalan dengan tujuan pelaksanaan TMMD.  "Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga dalam upaya peningkatan kenyamanan, Kesehatan dan taraf hidup penghuninya," kata Iskandar.

Staf Program TJSL Unit CSR PT Semen Padang Nurwan menambahkan, rumah tersebut nanti akan dibangun berukuran tipe 36, dengan satu kamar tidur dan satu kamar mandi, sementara material dindingnya menggunakan Sepablock (Semen Padang bata interlock), kuda-kuda baja ringan dan atap spandek.

"Sekarang kita sudah berdiskusi terkait arah rumah dengan pemilik rumah, begitu juga dengan bahan bangunannya, kita sudah ke toko bangunan. Estimasi pengerjaannya selama 22 hari," katanya. Ia berharap, proses pembangunan rumah bantuan untuk Nelirismen ini dapat berjalan lancar. "Harapannya dapat selesai dan diserahkan kunci kepada pemilik sebelum Program TMMD ini selesai," pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya usai Upacara Pembukaan TMMD ke 120 Kodim 0307/Tanah Datar menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam TMMD ini. "Kami juga mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang atas bantuannya dalam program TMMD ini," ujar Eka Putra singkat.

Usai upacara pembukaan TMMD itu, Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf Sapta Marwindu Librali, Kasiter Danrem 032/Wirabraja Kolonel Inf. Indra Padang, Dandim 0307/Tanah Datar Letkol Inf. Agus Priyo Pujo Sumedi, Kadis PMD Sumbar Amasrul, Wali Nagari Koto Tuo Ismet juga meninjau ke lokasi tempat rumah bantuan yang akan dibangun di Jorong Pematang Tinggi, Nagari Koto Tuo, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar tersebut.(*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Mengabdi di Padang, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Program Relawan Bakti BUMN Batch V
Mengabdi di Padang, Pj Wako Andree Algamar Apresiasi Program Relawan Bakti BUMN Batch V
Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Masa Tanggap Darurat Bencana Tanah Datar Bakal Diperpanjang
Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Bupati menanggapi ada 292 anggota jaringan terorisme NII di Tanah Datar.
Prebunking: Imbauan Bupati Tanah Datar, Tenang dan Cari Informasi Benar Pasca Erupsi Marapi
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Sebanyak 1.255 paket sembako dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang disalurkan dari posko utama ke posko siaga yang berada di empat
1.255 Paket Sembako dari Gebu Minang Disalurkan ke Posko Siaga di Padang Panjang
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meninjau progres pekerjaan di kawasan Lembah Anai pada Kamis (23/5/2024).
Pengerjaan Jalan di Lembah Anai Ditargetkan Tuntas dan Bisa Dilewati 21 Juli 2024