Semen Padang Raih Penghargaan Subroto 2023 dari Kementerian ESDM

Semen Padang Raih Penghargaan Subroto 2023 dari Kementerian ESDM

Semen Padang terima penghargaan Soebroto 2023. (Foto: Humas SP)

Langgam.id - PT Semen Padang meraih Penghargaan Subroto 2023 untuk kategori program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Terinovatif Komoditas Mineral Bukan Logam pada ajang Penganugerahan Penghargaan Subroto 2023 yang digelar Kementerian ESDM, Jumat (29/9/2023) lalu.

Digelar secara hybrid di Jakarta, penghargaan tertinggi di sektor energi dan sumber daya mineral itu diserahkan oleh Plt Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Letjen (Mar) (Purn) Bambang Suswantono, dan diterima oleh Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa.

Acara penganugerahan tersebut dihadiri Menteri ESDM Arifin Tasrif yang hadir secara hybrid, Sekjen Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, sejumlah pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, serta sejumlah pimpinan perusahaan BUMN dan instansi penerima penghargaan Subroto 2023.

Asri Mukhtar mengaku bersyukur dan bangga atas pencapaian tersebut. Penghargaan ini, kata dia, berhasil diraih berkat program unggulan dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, yaitu Penyelamatan Ikan Bilih Endemik Sumatera Barat (Sumbar) yang telah dimulai sejak tahun 2018.

"Alhamdulillah, kita bisa sampai di sini (Penghargaan Subroto 2023) berkat konservasi ikan bilih yang telah kita mulai sejak tahun 2018. Penghargaan ini tentunya menjadi sebuah kebanggaan buat kita di Semen Padang," kata Asri Mukhtar dalam keterangan resmi, Minggu (1/10/2023).

PT Semen Padang, sebut Asri Mukhtar, melakukan konservasi ikan bilih merupakan bagian dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat. Dan, konservasi terhadap ikan endemik Danau Singkarak itu dilakukan karena populasinya terancam punah akibat eksploitasi yang dilakukan secara masif oleh nelayan di Danau Singkarak.

Untuk itu, PT Semen Padang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Bung Hatta (UBH), melakukan konservasi ikan bilih di area Taman Keanekaragaman Hayati (Kehati) PT Semen Padang dengan membuat kolam ikan yang dilengkapi dengan tempat pemijahan.

"Selain kolam ikan, kami juga membuat laboratorium pemijahan. Hasilnya, sudah lebih dari 7000 ikan bilih hasil pemijahan yang telah disebar ke Danau Singkarak. Penyebaran ini dilakukan, bertujuan untuk mempertahankan ikan bilih sebagai mata pencarian masyarakat salingka Danau Singkarak dan juga untuk menjamin ketersediaan ikan bilih yang berkelanjutan," ujarnya.

Selain menyebar ikan bilih hasil pemijahan, Asri Mukhtar juga menyampaikan bahwa PT Semen Padang juga membuat area suaka perikanan (reservat) di Jorong Batu Baraguang, Nagari Sumpur, Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar. "Pembuatan reservat ini juga sebagai bagian dari konservasi ikan bilih di habitat aslinya," ungkap Asri Mukhtar.

Sekjen Kementerian ESDM Dadan Kusdiana dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada tahun ini, ada 62 pemenang dari 14 bidang penghargaan. Dan Penghargaan Subroto ini diberikan kepada BUMN, Instansi dan masyarakat yang terpilih untuk menerima penerima penghargaan Subroto 2023, dan penghargaan tertinggi dari Kementerian ESDM ini merupakan puncak Hari Jadi Pertambangan dan Energi.

"Tahun lalu ada 66 penerima Penghargaan Subroto untuk 13 bidang. Dan, tahun ini ada 62 penerima penghargaan untuk 14 bidang. Jadi, kami dari tahun ke tahun ingin memastikan bahwa kriterianya masuk dan proses-proses seleksinya dari tahun ketahun makin ditingkatkan," kata Dadan.

Penghargaan Subroto ini, lanjut Dadan, diharapkan dapat meningkatkan kontribusi seluruh insan masyarakat, institusi dan semua stakeholder di lingkungan energi dan sumber daya mineral untuk terus aktif mengawal dan mendukung kinerja pemerintah di sektor ESDM.

"Kami pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pihak, khususnya penerima penghargaan Subroto 2023 yang telah bersinergi dan bekerja keras dalam mewujudkan akses energi yang semakin dekat kepada masyarakat, dan membawa sektor ESDM semakin maju dan melaju untuk masa depan negeri," ujarnya.

Penghargaan Subroto adalah penghargaan tertinggi di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral yang digelar setiap tahun oleh Kementerian ESDM. Dan, penghargaan tersebut diberikan kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja yang sangat baik dalam memajukan sektor ESDM.

Tahun ini, merupakan tahun keenam Penghargaan Subroto digelar dengan tema "Inovasi Penyediaan, Pembangunan, dan Pengelolaan Fasilitas Pembibitan/Persemaian (Nursery) pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara".(*/Fs)

Baca Juga

Salat Id di Semen Padang, Dirut: Sambut Kemenangan dengan Tingkatkan Iman dan Taqwa
Salat Id di Semen Padang, Dirut: Sambut Kemenangan dengan Tingkatkan Iman dan Taqwa
Sebanyak 722 unit bus disiapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk program mudik
Semen Padang Sediakan 3 Bus, Mudik Gratis dari Dumai ke Padang
Sambut HUT Kementerian BUMN, Semen Padang Gelar Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM
Sambut HUT Kementerian BUMN, Semen Padang Gelar Pasar Murah, Mudik Gratis dan Bazar UMKM
Semangat Ramadan, Karyawan Semen Padang Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim
Semangat Ramadan, Karyawan Semen Padang Berbagi Kebahagiaan dengan Anak Yatim
Semen Padang Dirikan Posko Trauma Healing untuk Korban Banjir Pessel
Semen Padang Dirikan Posko Trauma Healing untuk Korban Banjir Pessel
Selebrasi pemain Semen Padang FC Arsyad Yusgiantoro
Promosi ke Liga 1, Manajemen SP Apresiasi Semen Padang FC