Self-Love untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Self-Love untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Ilustrasi self love. (Foto: pixabay)

Langgam.id - Self love artinya mencintai diri sendiri, tetapi bukan berarti memenuhi diri dengan segala keinginan. Self love mengharuskan kamu untuk memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya.

Selain itu juga merupakan aspek penting dari kesehatan mental. Saat self love diterapkan, kamu akan merasa lebih mudah untuk berpikir positif, termasuk saat marah, kecewa, atau sedih, karena hal tersebut adalah bentuk dari penerimaan diri.”

Self-love sangat berkaitan dengan kesehatan mental karena dilakukan dengan melihat, memikirkan, serta memperlakukan diri sendiri sebaik mungkin.

Dilansir dari halodoc.com Jumat (17/11/2023) Menurut berbagai penelitian psikologi, self love (cinta diri) adalah kunci kesehatan mental dan kesejahteraan. Sikap ini dapat mencegah depresi dan kecemasan. Meski begitu, sikap self love merupakan hal yang paling sulit untuk orang lakukan. Sebab, setiap orang selalu sibuk dengan kehidupan pribadi dan tidak pernah memerhatikan dirinya sendiri.

Manfaat self love untuk kesehatan mental dan fisik:

Memiliki berat badan yang sehat
Perlu kamu ketahui, kesehatan fisik setiap orang tidak bisa diserahkan pada orang lain. Itulah mengapa pentingnya mencintai diri sendiri. Jika tubuh terasa tidak nyaman, maka kamu tidak akan bahagia dengan diri sendiri. Akibatnya, kamu tidak dapat hidup dalam lingkungan yang damai.

Bahagia, menjadi bahagia adalah hal penting, karena kebahagiaan hanya bisa kamu raih jika tubuh sehat dan perasaan bahagia. Self love adalah kunci untuk menjadi bahagia. Jika kamu bahagia, maka tumbuh rasa percaya diri dan kamu akan memiliki harga diri yang tinggi.

Memiliki hubungan yang lebih baik, jika kamu mencintai diri sendiri, maka kamu pasti akan mulai mencintai orang lain dan memahami orang lain. Kamu akan dapat mengungkapkan perasaan dengan mudah dan dapat berkomunikasi dengan orang lain. Alhasil, hubungan yang kamu miliki pun akan lebih baik.

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, apabila kamu mulai self love, maka tubuh akan mampu melawan penyakit dan bisa sembuh dari segala jenis penyakit dalam waktu singkat.

Produktivitas lebih tinggi
Ketika kamu self love, maka kamu mampu bekerja dengan cerdas. Alhasil, produktivitas kerja pun jadi lebih tinggi.

Ini Cara Menerapkan Self Love

Kamu harus dapatkan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas. Sebab, tidur yang baik adalah fondasi dari kesehatan fisik dan mental.

Olahraga atau aktif secara fisik juga cara yang bagus untuk cinta pada diri sendiri.

Makan dengan baik dengan memiliki bahan makanan yang lebih sehat. Selain itu, batasi sumber makanan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Lakukan kegiatan yang kamu sukai atau pertimbangkan untuk belajar menguasai keterampilan baru.

Selanjutnya berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sebab, hal tersebut justru menempatkan kamu pada rasa rendah diri.

Kita harus memprioritaskan diri sendiri adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan. Belajar menumbuhkan self love merupakan hal yang penting.

"Itulah beberapa penjelasan dan manfaat dari self love, betapa pentingnya mencintai diri sendiri mulailah dari sekarang, dan jangan pernah membandingkan diri kamu dengan orang lain, karena itu tidak baik untuk kesehatan mental serta muncul rasa rendah diri. (Dwi/Fs)

Tag:

Baca Juga

Presiden Joko Widodo melantik Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Istana Kepresidenan
Dilantik Jadi Wamen Investasi, Yuliot Tanjung Merupakan Putra Asli Padang Panjang
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 perpindahan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung disemarakkan dengan adanya arak-arakan ratusan bundo kanduang sambil manjujuang
Semarakkan HUT ke-31 Ibu Kota Agam, Ratusan Jamba Diarak Menuju Rumah Dinas Bupati
UNAND Kembali Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemendikbudristek
UNAND Kembali Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemendikbudristek
KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
Punya Aset 15 Persen dari Induk, UUS Bank Nagari Berpeluang Spin Off
Punya Aset 15 Persen dari Induk, UUS Bank Nagari Berpeluang Spin Off
Mereksturisasi Kapasitas Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik
Mereksturisasi Kapasitas Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik