Selesai Bersumpah, 45 Anggota DPRD Padang Kebut Pengesahan APBD Perubahan 2019

Selesai Bersumpah, 45 Anggota DPRD Padang Kebut Pengesahan APBD Perubahan 2019

Pengambilan sumpah jabatan DPRD Padang periode 2019-2024 (Foto: Rahmadi/langgam.id)

Langgam.id - Sebanyak 45 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang periode 2019-2024 dikukuhkan di gedung DPRD Padang, Rabu (14/8/2019). Pengambilan sumpah jabatan para politisi ini dipimpin Wakil Ketua Pengadilan Negeri Padang.

Dari pantauan langgam.id, selain dihadiri ribuan masyarakat, pengukuhan anggota DPRD Padang yang digelar dalam rapat paripurna terbuka itu, juga dihadiri Wali Kota Padang Mahyeldi bersama unsur Forkompinda Padang lainnya.

Dalam pengukuhan itu, politisi partai Gerindra Syafrial Kani ditetapkan sebagai Ketua DPRD Padang Sementara menggantikan posisi Ketua definitif Elly Thrisyanti yang juga berasal dari partai Gerindra. Sedangkan Wakil Ketua DPRD Sementara dijabat Arnedi Yarmen dari PKS. Keduanya akan menahkodai DPRD Padang hingga ditetapkan unsur pimpinan definitif.

Ketua DPRD Padang Sementara Syafrial Kani mengatakan, setelah prosesi pengukuhan ini, anggota DPRD Padang periode 2019-2024 ini akan langsung bekerja. Tentunya mengurusi tugas pokok kedewanan. Seperti legislasi, pengawasan, dan budgeting.

“Kami akan komitmen untuk melaksanakan tugas itu, yang jelas kita memiliki aturan. Jangan sampai keluar dari aturan yang ada dalam menjalankan tugas," katanya usai dikukuhkan.

Ia berharap, ke depan, kekosongan anggota DPRD Padang yang terjadi sekitar 7 hari lamanya itu tidak lagi terjadi di ibu kota provinsi ini. “Kita berharap, ini yang pertama dan terakhir. Nanti kita sampaikan agar ada evaluasi," tegasnya.

Syafrial juga tidak bisa memastikan kapan akan ditetapkan ketua dan unsur pimpinan DPRD definitif. Untuk tugas awal, wakil rakyat baru ini akan segera membahas APBD Perubahan 2019 dan menetapkan APBD 2020.

“Kita belum tahu kapan pastinya. Kita akan berusaha menyegerakan pimpinan definitif," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyeldi mengatakan, selama ini, komunikasi Pemko Padang dengan DPRD Padang selama ini berjalan dengan baik. Ia berharap, kerjasama lancar ini terus terjaga bersama anggota DPRD baru hingga lima tahun mendatang.

"Komunikasi yang baik akan membuat pembangunan berjalan lancer. Mudah-mudahan periode ke depan lebih baik lagi," katanya.

Mahyeldi juga berharap agar anggota DPRD 2019-2024 ini segera menetapkan APBD Perubahan 2019. Paling telat harus disahkan bulan September mendatang. Jika tidak ditetapkan, maka akan berdampak terhadap gaji anggota dewan dan wali kota Padang sendiri. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Permudah Akses Pembiayaan Koperasi dan UKM, Pemko Padang Diganjar Penghargaan
Permudah Akses Pembiayaan Koperasi dan UKM, Pemko Padang Diganjar Penghargaan
Dinas Kesehatan (Dinkes) menemukan sebanyak 1.569 anak stunting di Kota Padang. Hal ini sesuai dengan data Elektronik Pencatatan dan
Dinkes Temukan 1.569 Anak di Padang Alami Stunting, Terbanyak di Koto Tangah
Hanya 2 Kota, Padang Raih Penghargaan Kota Wakaf
Hanya 2 Kota, Padang Raih Penghargaan Kota Wakaf
Cegah Korupsi, Pemko Padang dan Kejari Lakukan Pembinaan Pelaku Usaha Pengadaan
Cegah Korupsi, Pemko Padang dan Kejari Lakukan Pembinaan Pelaku Usaha Pengadaan
Gedung Balai Kota yang berada dan merupakan salah satu cagar budaya di Padang, rencananya akan dijadikan museum oleh Pemko Padang.
Dipercantik, Pemko Padang Berencana Jadikan Balai Kota Lama Sebagai Museum
Pemko kembali menggelar napak tilas memperingati gugurnya pahlawan nasional asal Kota Padang, Bagindo Aziz Chan pada Kamis (18/7/2024).
Pemko Padang Kembali Gelar Napak Tilas Memperingati Gugurnya Bagindo Aziz Chan