Selama Mudik dan Lebaran, Kereta Api di Sumbar Tambah Kapasitas Penumpang

kai sumbar

KA Minangkabau Ekspres khusus untuk penumpang Padang-Bandara Internasional Minangkabau (Riki Chandra/langgam.id)

Langgam.id - Selama mudik lebaran 1440 Hijriah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II bakal menggelar operasi pelayanan Kereta Api (KA) di Sumatra Barat (Sumbar). Peningkatan layanan ini akan berlangsung mulai H-10 hinggal 10 hari usai Idul Fitri.

Kepala PT KAI Divre II Fredi Firmansyah mengatakan, pihaknya akan membuka posko angkutan lebaran tanggal 26 Mei hingga 16 Juni 2019. "Ini tak lebih untuk memberikan rasa aman kepada penumpang selama mudik lebaran," kata Fredi di Padang, Kamis, (23/5/2019).

Peningkatan layanan penumpang hanya dengan menambah rangkaian dan tidak menambah jumlah KA. Dimana, KA Sibinuang tujuan Padang-Naras ditambah masing-masing 1 rangkaian kereta. Hal ini tak lain untuk menampung lonjakan penumpang selama mudik.

KA Sibinuang 1, berkapasitas 488 tempat duduk. Lalu, 50 persen lainnya untuk penumpang berdiri.
Sedangkan Sinuang 2, memiliki 446 tempat duduk, ditambah 50 persen untuk penumpang berdiri. "Itu muatan penumpang untuk sekali jalan," katanya.

Sedangkan KA Minangkabau Ekspres tujuan Padang-BIM dapat mengangkut 393 penumpang sekali jalan. KA yang diresmikan Presiden Joko Widodo itu berkapasitas 200 tempat duduk dan 193 untuk penumpang berdiri.

Lalu, KA Lembah Anai tujuan Kayutanam-BIM memiliki kapasitas angkut untuk 117 penumpang dengan 78 tempat duduk dan 39 tanpa tempat duduk.

Menurut Fredi, jumlah tempat duduk KA rata-rata naik 8 persen dibandingkan tahun 2018 lalu. Sebab, dulunya yang beroperasi bari 10 KA, sedangkan tahun ini 12 KA.

"Kenaikan penumpang kami prediksi mencapai 5 persen. Selain tenaga keamanan internal, kami juga tambah pengamanan dibantu TNI dan Polri. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Polsek Sungai Rumbai, Polres Dharmasraya, menurunkan personelnya untuk melakukan kegiatan patroli pada jam-jam rawan di Jalinsum.
Cegah Tindak Kriminal saat Arus Balik, Polsek Sungai Rumbai Turunkan Personel di Jalinsum
Menyambut para perantau yang pulang kampung pada libur Lebaran 2023, Pemko Padang akan menggelar Festival Muaro Padang.
Ada Festival Muaro Padang 2023 di Momen Libur Lebaran, Ini Jadwal dan Rangkaian Acaranya
Langgam.id - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah turut menanggapi soal pencabutan izin lembaga kemanusian Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).
Perputaran Uang Selama Lebaran di Sumbar Diperkirakan Capai Rp2 Triliun
Berita terbaru dan terkini hari ini: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajak para pemudik agar tak balik pada 8 Mei 2022.
Menhub Imbau Pemudik Balik Setelah 8 Mei 2022
Berita Bukittinggi - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kepadatan Kota Bukittinggi H+5 lebaran sudah mulai berkurang.
H+5 Lebaran, Kepadatan di Kota Bukittinggi Mulai Berkurang
Ratusan sembako dari anggota DPR RI yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, Andre Rosiade dibagikan kepada warga.
Ratusan Paket Sembako dari Arndre Rosiade Dibagikan di Kabupaten Solok